Selamat! Agus Fatoni Terima Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung dari Keraton Surakarta

Selamat! Agus Fatoni Terima Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung dari Keraton Surakarta

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni terima gelar kehormatan Kanjeng Raden Temenggung dari Keraton Surakarta. Foto : DOK--

SOLO, ENIMEKSPRES.CO.ID - Agus Fatoni yang juga Pj Gubernur Sumsel menerima gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung.

Dr. Drs. H. Agus Fatoni Darmodipuro M.Si. GRCE menerima gelar kehormatan tersebut dari Keraton Surakarta Hadiningrat di Sasana Narendra Keraton Surakarta Hadiningrat Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu 2 Maret 2024 malam.

Gelar kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung ini merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan oleh Keraton Surakarta Hadiningrat kepada tokoh-tokoh yang dianggap berjasa dalam memperjuangkan kebudayaan dan kesenian Indonesia.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni juga dinilai menjadi panutan karena mampu merangkul semua anak suku bangsa di Indonesia bukan hanya Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

BACA JUGA:Menteri Pertanian Bersama Pj Gubernur Sumsel Upsus Optimalisasi Lahan Rawa di Banyuasin

Pemberian gelar ini dilakukan langsung oleh Ingkang Sinoehoen Kangjeng Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII kepada Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni yang diwakili oleh Plh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel H. Sutoko.

Prosesi pemberian gelar tersebut dimulai pukul 19.00 WIB.

Usai menerima gelar kehormatan untuk Pj Gubernur Sumsel A. Fatoni, Plh Kepala Dinas Pendidikan Sumsel H. Sutoko mengungkapkan, mewakili Pj Gubernur Sumsel serta jajaran Pemprov Sumsel menyampaikan terima kasih kepada Keraton Surakarta Hadiningrat.

"Atas nama jajaran Pemprov Sumsel kita tentu merespon positif penganugerahan gelar dari Keraton Surakarta Hadiningrat yang diberikan kepada Pj Gubernur Agus Fatoni. Karena gelar kehormatan ini tidak mudah didapat," kata Sutoko.  

BACA JUGA:Pj Gubernur Sebut Produktivitas Padi Sumsel Nomor 4 Nasional, Segini Jumlahnya

Selain tak mudah didapat, dengan gelar ini juga secara otomatis akan melekat tanggungjawab yang besar dalam pelaksanaannya.

"Gelar kehormatan ini diberikan pada sosok yang dipandang cakap, dipandang karena suri tauladan atau karena kepemimpinannya serta faktor-faktor lain," ungkapnya.

"Dan yang diberikan ini Insya Allah memang beliau merupakan sosok yang pas dan bisa diamalkan dan implementasikannya dalam kegiatan sehari-hari sebagai Pj Gubernur Sumsel," lanjut Sutoko.

Selain Pj Gubernur Sumsel, dalam penganugerahan gelar tersebut tampak hadir juga beberapa pejabat penting lainnya, seperti Pj Walikota Pagaralam H. Lusapta Yudha Kurnia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: