Sampah Kayu Menumpuk di Hilir Sungai Lematang

Sampah Kayu Menumpuk di Hilir Sungai Lematang

Tumpukan Sampah Kayu di Hilir Sungai Lematang Desa Muara Lematang Kecamatan Sungai Rotan. FOTO : Istimewa--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Masyarakat bersama unsur pemerintahan, dibantu Babinsa bergotong royong membersihkankayu, dan sampah yang menumpuk di hilir Sungai Lematang Desa Muara Lematang Kecamatan Sungai Rotan, Rabu 31 Januari 2024. 

Tumpukan kayu dengan berbagai ukuran, kecil, dan besar itu terbawa arus sungai dari ukuran akibat hujan deras yang terjadi di sejumlah wilayah di Muara Enim, Lahat, hingga Pagar Alam.

Bahkan, akibat dari meluapnya sungai Lematang itu selain membuat tumpukan sampah, juga air menggenangi pemukiman Desa Muara Lematang, sehingga warga beraktivitas menggunakan perahu. 

Bahkan bukan saja sampah kayu, melainkan juga sampah plastik, batang pisang, Bambu, dan sampah dari rumah tangga juga turut menumpuk di lokasi sekitar dermaga Desa Muara Lematang.

BACA JUGA:Diduga Sopir Mengantuk, Truk Box Terjun ke Sungai Beringin, Begini Kondisinya

BACA JUGA:Sungai Enim dan Sungai Lematang Meluap, Muara Enim Siaga Bencana Banjir

Disampaikan Kades Muara Lematang, Anang Hamka SPd mengatakan, tumpukan kayu, dan sampah itu sudah terjadi sejak sepekan. 

Sejak debut air Sungai Lematang tidak surut-surut bahkan terus saja meluap hingga menggenangi pemukiman warga.

"Sejak beberapa hari ini sering terjadi hujan tidak berhenti-henti, pagi, siang, maupun hujan malam hari. Maka di wilayah Desa Muara Lematang terjadi banjir, seperti yang pernah terjadi di Kecamatan Hari Lahat," kata Anang.

Menurut dia, sampah-sampah yang menumpung di sekitar Dermaga Muara Lematang itu kiriman dari wilayah uluan, dimana beberapa waktu lalu pernah terjadi bencana banjir, dan longsor. 

BACA JUGA:Warga Tanjung Lalang Muara Enim Ditemukan Tewas Mengapung di Sungai Enim

BACA JUGA:17 Menit dari Kota Bengkulu, Objek Wisata Pantai Sungai Suci Bayar Lunas Lelah di Perjalanan

Sehingga sampah-sampah seperti kayu, batang pohon ikut terbawa di Sungai Lematang sampai di Desa Muara Lematang.

Posisi Desa Muara Lematang Kecamatan Sungai Rotan ini berada di Muara Sungai antara Sungai Lematang diapit Kabupaten Muara Enim, dan Pali, dengan Sungai Musi Kabupaten Banyuasin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: