Pj Bupati Muara Enim Pastikan Stabilitas Harga dan Stok Bahan Pokok di Pasar

Pj Bupati Muara Enim Pastikan Stabilitas Harga dan Stok Bahan Pokok di Pasar

Pj Bupati Muara Enim H. Ahmad Rizali melakukan monitoring stabilitas harga bahan pokok di Pasar Tanjung Enim. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Menjelang Natal dan Tahun Baru 2024, Pj Bupati Muara Enim H. Ahmad Rizali, melakukan monitoring stabilitas harga dan stok bahan pokok di Pasar Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sabtu 11 November 2023.

Dalam tinjauannya tersebut, Pj Bupati hadir didampingi Kepala Dinas Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Satpol PP, dan Camat Lawang Kidul.

Pada tinjauan tersebut, harga bahan pokok masih dalam kategori cukup dan harga jual relatif normal.

Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan dan melonjaknya permintaan terhadap salah satu komoditi, Ahmad Rizali menginstruksikan segera kepada perangkat daerah terkait untuk menggelar operasi pasar murah.

BACA JUGA:Jelang Natal dan Tahun Baru Pasokan Gas Elpiji 3 Kg Ditambah

Kemudian juga membangun kerja sama dengan daerah penghasil pertanian agar dapat menambah pasokan bahan sehingga mampu menekan terjadinya inflasi.

Lebih lanjut, Ahmad Rizali mengakui terdapat beberapa sedikit kenaikan dari bahan pokok seperti cabai dan beras.

"Namun demikian kenaikan tersebut dalam batas kewajaran dan masih menjangkau masyarakat," kata Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali didampingi Kepala Dinas Perdagangan, Syarifudin.

Ahmad Rizali mengimbau kepada para pedagang untuk tetap berjualan dengan wajar dan tidak memanfaatkan situasi dengan melakukan penimbunan barang ataupun menaikan harga, serta selalu menjual produk yang berkualitas.

BACA JUGA:Harga Ayam di Muara Enim Sumsel Mengalami Kenaikan, Ini Penyebabnya

"Untuk itu saya menginstruksikan Dinas Perdagangan agar selalu rutin mengawasi maupun memastikan ketersediaan bahan pangan dan kestabilan harga dapat terkendali," ujarnya.

Di sela tinjauannya itu, Pj Bupati memanfaatkan momen tersebut untuk menyapa langsung warga dan berdialog dengan para pedagang serta mengajak untuk senantiasa selalu merawat dan menjaga kebersihan pasar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: