BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim Maksimalkan Rekrut Kepesertaan Sektor BPU

BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim Maksimalkan Rekrut Kepesertaan Sektor BPU

BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbagsel, BPJS Ketenagakerjaan Palembang dan BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim ngopi barang wartawan di Palembang.(foto ist) --

ENIMEKSPRES.CO.ID, PALEMBANG---Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim, Ruszian Dedy mengungkapkan bahwa pihaknya selain memaksimalkan kepesertaan pekerja penerima upah, juga memaksimalkan elemen masyarakat untuk menjadi peserta atau anggota BPJS Ketenagakerjaan dari sektor Bukan Penerima Upah (BPU).

“Sektor pekerja dari BPU sangat perlu dimaksimalkan. Misalnya, tukang ojek, pedagang, buruh harian dan sektor pekerja lainnya yang bukan menerima upah dari perusahaan. Dalam bekerja mereka rentan mengalami kecelakaan dan lainnya. Sehingga kita maksimalkan untuk dijadikan anggota BPJS ketenagakerjaan,” ujar Ruszian Dedy dalam acara ngopi bareng wartawan di Café 7 Palembang, Selasa (14/11) malam.

“Sebab, masyarakat untuk rekrut menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan dari sektor BPU yang di bawah naungan BPJS Ketenagkerjaan Muara Enim potensinya masih sangat besar. Sebab BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim membawahi 10 kabupaten/kota di Sumsel. Ini yang akan kita maksimalkan,” tutur Ruszian Dedy.

BACA JUGA:Usir Tikus dengan Royco! Tak Perlu Pakai Racun Mahal atau Perangkap Lagi, Semua Tempat Jadi Aman

Adapun BPJS Ketenagakerjaan Muara Enim membawahi sejumlah Kabupaten/Kota yakni Muara Enim, OKU, OKU Selatan, OKU Timur, Lahat, Empat Lawang, Pagaralam, Musi Rawas, Lubuk Linggau dan Musi Rawas Utara.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Kepala Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Bidang Digitalisasi Human Capital dan Aset Kanwil Sumbagsel, Utaminingsih, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palembang  Faizal.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palembang, Faisal  memiliki rencana untuk menargetkan pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) agar terdaftar dalam program kepesertaan.

Moch. Faisal, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palembang, menilai bahwa pegawai yang terlibat dalam pelaksanaan pesta demokrasi, seperti Pilpres, Pileg, dan Pilkada di Provinsi Sumsel, memiliki potensi yang cukup besar, diperkirakan sekitar 60.000-79.000 pegawai. "Saat ini, kami masih terus melakukan pendataan," ungkap Faisal.

BACA JUGA:Sepeda Motor Listrik Electrum H5! Harga Terjangkau, Sekali Cas Bisa Dipakai Touring Hingga Jarak 120 Km

Faisal mengakui bahwa BPJS Ketenagakerjaan Palembang telah menjalin perjanjian kerja sama (PKS) dengan Bawaslu Kota Palembang.

"Sudah ada 402 pegawai yang terdaftar dan proses pendaftaran masih berlangsung untuk beberapa kabupaten kota lainnya," tambahnya. Menurut Faisal, penting bagi petugas terlibat dalam pesta demokrasi untuk terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan guna melindungi mereka dari risiko kecelakaan kerja serta memberikan keamanan bagi pekerja dan keluarganya.

Faisal juga mengungkapkan bahwa perusahaan akan secara aktif mempromosikan kepesertaan dengan turun langsung ke lapangan dan memberikan stimulasi pada setiap usaha di Sumsel, khususnya Palembang.

BACA JUGA:Tanpa Masker Kolagen! Ini Tips Atasi Kulit Wajah Kendur dan Keriput dengan 3 Bahan Dapur, Jadi Kembali Muda

Stimulasi tersebut bertujuan untuk mengetahui usaha mana yang sudah mendaftarkan pegawainya dalam BPJS Ketenagakerjaan. "Jika ada stiker, itu berarti sudah terdaftar, dan proses ini akan dimulai pada bulan Januari 2024," pungkasnya.(rel/@al)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: