Kadin Muara Enim Berdayakan 246 Desa

Kadin Muara Enim Berdayakan 246 Desa

Dorong Perekonomian Masyarakat melalui Program Kadin Muara Enim Desaku. FOTO : DOK--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Dukung Pemerintah dalam Gerakan “Satu Desa Satu Produk”, Kadin Dorong Perekonomian Masyarakat melalui Program Kadin Muara Enim Desaku. 

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia terus mendorong pengembangan potensi ekonomi daerah melalui ajang Kadin Impact Award (KIA).

Melanjutkan rangkaian penjurian KIA, Kadin Indonesia mengunjungi Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, untuk melihat program pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari desa ke desa yang diinisiasi Kadin Muara Enim. 

Melalui program “Kadin Muara Enim Desaku” ini, proses penggalian potensi, pendampingan, dan pemberdayaan UMKM di desa-desa di wilayah Kabupaten Muara Enim dilakukan secara intensif untuk mendorong terciptanya produk unggulan di tiap desa.

BACA JUGA:Muara Enim Terpilih Nominasi Kadin Impac Award (KIA)

BACA JUGA:Akun yang Posting Foto Mesra Plt Bupati Muara Enim dengan Wanita Disebut Kadin Kominfo Fake, Ini Penjelasannya

Dimana penjurian dilakukan oleh WKU Bidang Pengembangan Otonomi Daerah, Sarman Simanjorang dan Ketua Komite Tetap Produk Hukum dan Perizinan Daerah, Johan Tedja Surya.

Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi, mengapresiasi upaya Kadin Muara Enim dalam mendorong perekonomian masyarakat lokal menjadi lebih baik melalui program pemberdayaan UMKM yang inklusif dan kolaboratif. 

“Ini merupakan wujud sinergi Kadin provinsi dan kabupaten/Kota dalam meningkatkan perekonomian daerah melalui penguatan UMKM. Kami harap program ini bisa terus berjalan sehingga tercipta pertumbuhan yang berkelanjutan di Kabupaten Muara Enim,” ujarnya.

Ketua Umum Kadin Sumatera Selatan, H Affandi Udji, mengungkapkan program “Kadin Muara Enim Desaku” sejalan dengan program pemerintah “Satu Desa Satu Produk”, yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 78/M-IND/9/2007. 

BACA JUGA:PWI Sumsel Siap Kolaborasi dengan Kadin Majukan Perekonomian

BACA JUGA:Siap Sinergi dengan Pemda dan Pemerintah Pusat, Ini yang Dikatakan Ketua KADIN Kabupaten Muara Enim

Dalam rangka mendukung program “Satu Desa Satu Produk”, Kadin Muara Enim juga ingin mengembangkan potensi industri kecil dan menengah suatu wilayah untuk menghasilkan satu produk lokal khas yang berkelas global dengan memanfaatkan sumber daya di sekitarnya. 

Dengan demikian, masyarakat desa tidak hanya bergantung pada hasil alam yang harganya fluktuatif, karena sudah menjadi produk olahan yang punya nilai ekonomi lebih tinggi,” tutur Affandi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: