Berangkat Kerja Pakai Motor Listrik di Perjalanan Mogok, Begini Cara Mengatasinya

Berangkat Kerja Pakai Motor Listrik di Perjalanan Mogok, Begini Cara Mengatasinya

Sepeda motor listrik. Foto : Kolase/Istimewa--

ENIMEKSPRES.CO.ID - Berangkat Kerja Pakai Motor Listrik, di Perjalanan Mogok, Apa Bisa Bengkel Umum Atasi? Begini Cara Mengatasinya.

Tidak ada yang bisa memastikan semua akan berjalan mulus, tanpa hambatan.

Tapi mesti dipahami bahwa motor listrik itu simpel dalam artian komponen di dalamnya tidak sebanyak pada motor konvensional berbahan bakar minyak.

Karena berkendara menunggangi motor listrik seperti berangkat dan pulang kerja, antar jemput anak sekolah, belanja ke pasar atau hanya sekedar jalan-jalan menikmati alam dan lain-lain, mogok di perjalan bisa saja terjadi.

BACA JUGA:Bukan Pesimis Belum Juga Optimis, Akankah Program 1 KTP 1 Motor Listrik Sukses?

Nah, jika itu terjadi, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, antara lain:

Pastikan dulu penyebabnya, karena motor listrik itu hanya ada dua komponen utama, yaitu sistem kelistrikan dan perangkat penunjang konvensional.

Jika kerusakan atau mogok itu disebabkan karena sistem kelistrikan misalnya, daya baterai habis atau baterai tidak menyimpan daya atau motor tidak bekerja karena suplai dari baterai tidak masuk ke dinamo atau soket bermasalah atau starter tidak hidup, maka sebaiknya cari bengkel elektro.

BACA JUGA:Ayo Bapak-bapak, Ibu-ibu Serbu! Program 1 KTP 1 Motor Listrik Subsidi Sah Berlaku

Tapi jika mogok itu disebabkan oleh perangkat penunjang, misalnya ban kempes atau putaran roda terasa berat atau rantai putus, atau karet belt putus atau stang terasa keras saat berbelok atau sistem pengereman bermasalah, maka bisa mencari bengkel umum terdekat untuk mengatasinya.

Oleh karena itu, bagi mereka yang sudah memiliki motor listrik baik yang subsidi atau yang tidak atau bagi mereka yang sedang merencanakan untuk membeli motor listrik, perawatan jangan pernah diabaikan.

Komponen atau item yang butuh perawatan pada motor listrik seperti:

BACA JUGA:Motor Listrik VITO SNI Termurah di Program 1 KTP 1 Motor Listrik Subsidi, Segini Lho Harganya

1. Van belt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: