Pengguna Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Jangan Lewati 100 Km/Jam Kalau Gak Mau Diuber Petugas Patroli!

Pengguna Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Jangan Lewati 100 Km/Jam Kalau Gak Mau Diuber Petugas Patroli!

Tol Simpang Indralaya-Prabumulih dibuka penuh mulai Rabu 30 Agustus 2023. Foto : MUKHLIS/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID - Pengguna Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Jangan Lewati 100 Km/Jam Kalau Gak Mau Diuber Petugas Patroli.

Ini bisa jadi perhatian bagi pengguna Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Simpang Indralaya-Prabumulih yang mulai hari ini 30 Agustus 2023 dibuka permanen untuk umum.

Sebab, kecepatan maksimal di tol yang juga dikenal sebagai tol terindah di JTTS ini hanya boleh 100 kilometer per jam (Km/jam).

Ketentuan ini mengacu pada hasil uji layak fungsi (ULF) pada 19-20 Juni 2023 lalu yang direkomendasikan kepada Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

BACA JUGA:Palembang, Daerah Paling Strategis di Sumsel yang Terhubung dengan 3 Jalan Tol

Pada salah satu point catatan rekomendasi tersebut menegaskan bahwa kecepatan maksimal bagi pengguna Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih atau kecepatan maksimum tidak lebih dari 100 Km/Jam.

Untuk menegakkan aturan tersebut, pengelola akan selalu mengimbau pengguna jalan agar mentaati aturan kecepatan maksimum dan petugas patroli akan selalu memantau.

Akhirnya, setelah lebih dari 2 bulan usai uji layak fungsi (ULF), Jalan Tol Trans Sumatera ruas Simpang Indralaya-Prabumulih mulai dibuka untuk umum secara permanen mulai hari ini 30 Agustus 2023.

ULF sendiri sudah dilakukan pada 19-20 Juni 2023 lalu hingga akhirnya kini mengantongi izin operasional dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No 872/KPTS/M/2023.

BACA JUGA:Pengerjaan Sudah 98 Persen, ULF Selesai. Siapkan Mobil Kamu untuk Lintasi Jalan Tol Indralaya-Prabumulih

Keberadaan tol penyangga ini memang sudah lama dinantikan masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) wilayah barat.

Jarak tempuh dari Kabupaten Muara Enim ke Palembang dari 180 kilometer bisa terpangkas hingga 64 kilometer.

Begitu juga dari Prabumulih ke Palembang atau sebaliknya, jika melalui jalan raya umum membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam, maka dengan melalui jalan tol Simpang-Indralaya hanya butuh waktu 1 jam saja.

Selain soal pemangkasan jarak tempuh, satu hal yang menarik dari keberadaan tol ini adalah karena termasuk tol terindah di sepanjang tol Trans Sumatera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: