Dulu Cuma Miliki Dua Kecamatan, Kota di Sumsel Ini Luasnya Hanya 434 Km2, Bisa Tebak Kota Apa?

Dulu Cuma Miliki Dua Kecamatan, Kota di Sumsel Ini Luasnya Hanya  434 Km2, Bisa Tebak Kota Apa?

play over patih galung Prabumulih (foto ist)--

ENIMEKSPRES.CO.ID, SUMSEL---Memisahkan diri dari Kabupaten induk pada 2001 lalu, awalnya cuma memiliki dua kecamatan, setelah mekar hingga sekarang salah satu kota di Sumsel ini sudah memiliki enam kecamatan, dengan luas wilayah keseluruhan hanya 434 km2 (kilo meter persegi).

Bisa tebak kota apa? Ya, benar kota tersebut adalah Kota Prabumulih yang memiliki semboyan Seinggok Sepemunyian.

Sebelum menjadi kota, dahulunya Prabumulih merupakan kota administratif bagian dari wilayah Kabupaten Muara Enim.

Dahulu Kota Administratif Prabumulih hanya memiliki dua kecamatan yakni Kecamatan Prabumulih Barat dan Prabumulih Timur, yang dipimpin seorang walikota admistratif yang ditunjuk oleh Bupati Muara Enim.

BACA JUGA:Dimana Lokasi PLTU Sumsel 1 yang Sekarang Sedang Buka Lowongan Kerja? SimakBACA 

Pada 2001, Kota admistratif Prabumulih berpisah dari Kabupaten Muara Enim dan menjadi Kota dengan pemerintahan terpisah dari Kabupaten Muara Enim.

Awalnya hanya memiliki dua kecamatan, setelah beberapa tahun Kota Prabumulih mengalami perkembangan kecamatan yang ada mengalami pemekaran.

Sehingga Kota Prabumulih memiliki empat kecamatan yakni Kecamatan Prabumulih Timur, Prabumulih Barat, Cambai dan Rambang Kapak Tengah. Penduduk Kota Prabumulih bertambah padat dan perkembangan wilayah menjadi luas.

Kota Prabumulih menambah dua kecamatan lagi yakni Kecamatan Prabumulih Utara dan  Prabumulih Selatan.

Hingga total Kota Prabumulih hingga 2023 memiliki enam kecamatan, 25 Kelurahan dan 12 desa.

BACA JUGA:Pahami Sebelum Membeli! Berikut Ini Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Listrik yang Perlu Kita Ketahui

Pada 2021 berdasarkan data BPS Kota Prabumulih sebagaimana dikutip enimekspres.co.id. Adapun luas wilayah enam kecamatan tersebut yakni Kecamatan Rambang Kapak Tengah 72,34 km2, Kecamatan Prabumulih Timur 134,00 km2.

Kecamatan Prabumulih Selatan 96,78 km2, Kecamatan Prabumulih Barat 61,34 km2, Kecamatan Prabumulih Utara 11,04 km dan Kecamatan Cambai 58,96 km2. Total luas Kota Prabumuli secara keseluruhan yakni 434,46 km2.

Sejarah pemerintahan Kota Prabumulih sendiri, setelah menjadi kota penuh, pada 2003 Kota Prabumulih dipimpin Walikota Alm Drs H Rachman Djalili MM dan Wakil Walikota Yugi Gagarin SH setelah menang melalui pemilihan DPRD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: