Bukan Pusat Ibukota, Kecamatan Terluas di Kabupaten Muara Enim Ternyata Lagi Proses Pemekaran

Bukan Pusat Ibukota, Kecamatan Terluas di Kabupaten Muara Enim Ternyata Lagi Proses Pemekaran

peta wilayah Kabupaten Muara Enim(foto ist)--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM--- Meski Kabupaten MUARA ENIM sudah dua kali mengalami pemekaran, Prabumulih menjadi kota sendiri sejak 2001 dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menjadi Kabupaten pada 2013. Hingga kini Kabupaten MUARA ENIM tetap merupakan salah satu daerah terluas yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Secara administratif, Kabupaten Muara Enim saat ini memiliki 22 kecamatan, 245 desa dan 10 kelurahan.

Selain luas, Kabupaten Muara Enim memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah seperti batubara, minyak dan gas, perkebunan kopi, perkebunan karet dan sawit, perkebunan nanas dan lain sebagainya.

Posisi Kabupaten Muara Enim letaknya persis di tengah-tengah Provinsi Sumatera Selatan. Karena memiliki daerah yan luas, Kabupaten Muara Enim banyak berbatasan dengan kabupaten/kota lain, seperti berbatasan dengan Kabupaten Lahat, Kabupaten PALI, Kabupaten OKU, Kabupaten Kaur, Kota Prabumulih, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten OKU Selatan, Kabupaten Ogan Ilir dan berbatasan dengan Kota Palembang.

BACA JUGA:Kenapa Jalan Tol Indaralaya-Prabumulih Harus Dilakukan ULF Sebelum Operasional. Ternyata Pastikan 4 Hal

Kabupaten Muara Enim bertofografi daerah perbukitan atau dataran tinggi di kawasan Semende Raya dan dataran rendah di kawasan Kecamatan Muara Belida.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021 sebagai dikutip enimekspres.co.id bahwa Luas Kabupaten Muara Enim secara keseluruhan yakni 7.483,06 km2.

Dari 22 kecamatan yang di miliki Kabupaten Muara Enim, terdapat beberapa kecamatan yang luas atau besar dan beberapa kecamatan yang tidak terlalu luas.

Di Kabupaten Muara Enim, ternyata kecamatan terluas bukan Kecamatan Muara Enim yang menjadi pusat kota dan pemerintahan.

BACA JUGA:Hapus Akun Threads bakal Hapus Akun Instagram, Benarkah? Cek Faktanya Disini

Secara luas kilometer persegi, Kecamatan Muara Enim hanya berada dinomor 18 dari 22 kecamatan yang ada. Untuk  kecamatan terluas yakni Kecamatan Gelumbang yang menjadi nomor satu kecamatan terluas di Kabupaten Muara Enim.

Di mana jaraknya dari Muara Enim sebagai pusat Kabupaten sekitar 130 km atau bisa ditempuh perjalanan sekitar tiga jam.

Kecamatan Gelumbang posisinya lebih dekat dengan Kota Prabumulih dan Palembang yang bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar satu jam.

Kecamatan Gelumbang sendiri bersama beberapa kecamatan lain seperti Kecamatan Lembak, Kelekar, Sungai Rotan dan Muara Belide dalam proses pemekaran untuk jadi kabupaten baru yakni calon Kabupaten Gelumbang. Namun sekarang rencana pemekaran itu terhalang moratorium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: