Berjarak 6 Jam dari Palembang, Penduduknya Paling Sedikit. Tapi Jadi Tujuan Wisata Nomor 1 di Sumsel

Berjarak 6 Jam dari Palembang, Penduduknya Paling Sedikit. Tapi Jadi Tujuan Wisata Nomor 1 di Sumsel

Danau Kasih Sayang Cemerlang Asri salah satu wisata yang ada di Kota Pagaralam--

ENIMEKSPRES.CO.ID,SUMSEL----Provinsi Sumatera Selatan (SUMSEL) adalah satu provinsi di pulau Sumatera, yang memiliki penduduk yang cukup padat. 

Berdasarkan penelusuran enimekspres.co.id yang terdapat dalam data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel. Provinsi Sumsel yang memiliki julukan bumi Sriwijaya ini, pada tahun 2022 memiliki penduduk 8.657.008 (delapan juta enam ratus lima puluh tujuh rubu delapan) jiwa.

Provinsi Sumsel memiliki 17 kabupaten/kota, terdiri dari 4 Kota dan 13 Kabupaten. Diketahui perkembangan penduduk di Provinsi Sumsel setiap tahun terus bertambah.

Perkembangan penduduk tersebut terjadi, baik di daerah perkotaan maupun kabupaten yang ada di Sumsel. 

BACA JUGA:2 Kabupaten Terluas di Sumsel, Bukan PALI Apalagi Empat Lawang. Bisa Tebak Kabupaten Apa?

Ada satu daerah di Sumsel yang memiliki penduduk paling sedikit, tapi daerah ini menjadi tujuan wisata nomor satu di Sumsel. Daerah tersebut Bernama Kota Pagaralam.

Jarak Kota Pagaralam dari Palembang sekitar 6 jam perjalanan atau sekitar 289 Km.

Kota Pagaralam memiliki jumlah penduduk 147.071 jiwa. Maklum, Pagaralam secara administrasi hanya sebuah kota kecil di bawah gunung dempo.

Dahulunya, Pagaralam adalah kota administrative bagian dari Kabupaten Lahat. Pada awal 200o, Pagaralam berubah status memekarkan diri menjadi Kota dan memisahkan diri dari Lahat.

BACA JUGA:Daerah Terjauh di Sumsel Ini Punya Penduduk 192.369 Jiwa dan Berbatasan dengan Provinsi Bengkulu

Berikut beberapa kabupaten/kota lain di Sumsel dengan jumlah penduduk masing-masing daerah.

Kota Palembang memiliki penduduk terpadat yakni 1.707. 996  jiwa.

Kabupaten Banyuasin memiliki penduduk sebanyak    852.567  jiwa. Kabupaten OKI memiliki penduduk sebanyak 776.690 jiwa. Kabupaten OKU Timur memiliki penduduk sebanyak 656.857 jiwa.

Kabupaten Musi Banyuasin memiliki penduduk sebanyak 633.124 jiwa. Kabupaten Muara Enim memiliki penduduk sebanyak 624.019 jiwa. Kabupaten Lahat memiliki penduduk sebanyak 441.174 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: