Bukan Hanya Dingin, Semende Tapi Juga Terkenal Penghasil Kopi yang Nikmat

Bukan Hanya Dingin, Semende Tapi Juga Terkenal Penghasil Kopi yang Nikmat

kopi semende--

MUARA ENIM---Tiga kecamatan di Kabupaten Muara Enim yakni Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Semende Darat Tengah (SDT) dan Semende Darat Ulu (SDU) selain terkenal sebagai daerah yang berhawa sejuk dan dingin. Tiga kecamatan di Semende Raya tersebut juga terkenal sebagai penghasil kopi ternikmat di Muara Enim.

Seperti diketahui, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memiliki topografi wilayah perbukitan dan dataran rendah.

Di Kabupaten yang berjuluk “Serasan Sekundang” tersebut terdapat tiga kecamatan yang memiliki hawa sejuk dan dingin.

Tiga kecamatan yang cuacanya selalu dingin tersebut berada di daerah Semende Raya yakni Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Semende Darat Tengah (SDT) dan Semende Darat Ulu (SDU).

BACA JUGA:5 Suku Unik dan Misterius di Indonesia, Nomor 1 dan 2 Terdapat di Pulau Sumatera

Wilayah Semende Raya memang terkenal dengan cuaca yang dingin. Bagi orang datangan dan baru pertama kali datang ke Semende dan ingin menginap di sana saat tidur harus pakai selimut, dikarenakan dinginkan hawa kawasan Semende.

 Bahkan pada siang hari, terkadang saat beraktifitas kebanyak orang saat berada di sana juga menggunakan jaket atau suiter.

Kenapa wilayah Semende Raya dikenal sebagai daerah yang dingin di Kabupaten Muara Enim. Berikut alasannya, tiga kecamatan di Semende Raya yakni Kecamatan SDL, SDT dan SDU merupakan daerah dataran tinggi yang dikeliling oleh bukit barisan. 

Di mana di daerah perbukitan, memang terkenal sebagai daerah yang dingin.

BACA JUGA:Jangan Sampai Lewat! Rekomendasi Tempat Makan Gado-Gado Enak di Lahat Sumsel, Dijamin Puas

Selain itu, tiga kecamatan Semende Raya berada di dataran tinggi dan memiliki hawa yang sejuk pada pagi hari dan dingin pada saat malam hari. 

Di mana Kecamatan SDL berada di atas ketinggian 500-1000 mdpl (di atas permukaan laut), Kecamatan SDT berada di 100 mdpl dan Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) merupakan dataran tertinggi berada lebih dari 1500 mdpl.

Wilayah Semende Raya, khususnya di Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) merupakan daerah beriklim tropis dan dan memiliki suhu rata-rata 15d cc.

Karena memiliki alam yang dingin dan berada di dataran tinggi. Maka wilayah Kecamatan SDL, SDT dan SDU terkenal akan pemandangan yang indah, dengan view perbukitan dan lembah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: