Kabupaten Muara Enim Pelopor Penerapan SIPD Online di Indonesia dan Sumsel

Kabupaten Muara Enim Pelopor Penerapan SIPD Online di Indonesia dan Sumsel

3. Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah SH LLM LLM Phd bersama gubernur Sumsel Herman Deru, Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Agus Fatoni dan Dirut BSB Ahmad Syamsudin foto bersama usai mela--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM----Pemerintah Kabupaten MUARA ENIM merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia dan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), yang menerapkan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Online yang terintegrasi dengan Bank Sumsel Babel (BSB). 

Hal ini disampaikan Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Agus Fatoni saat peluncuran Digitalisasi Transaksi Pemerintah Daerah dengan BSB yang diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru bersama Plt Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah, SH LLM (Bham) LLM (Abdn) Phd, Dirut Bank Sumsel Babel (BSB) Achmad Syamsudin di Hotel Aryaduta Palembang, Kamis (15/6/2023). 

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI, Agus Fatoni mengapresiasi Pemkab.Muara Enim yang mempelopori penerapan SIPD Online di Provinsi Sumsel bahkan di Indonesia.

Dijelaskannya penerapan SIPD Online membuat pengelolaan keuangan daerah semakin akuntabel, efektif, efisien dan waktu nyata (realtime) tanpa dihalangi hari libur. 

BACA JUGA:Bikin Ulah! Sopir Truk Batu Bara Ini Melanggar Kesepakatan dengan Melintas di Siang Hari, Begini Kata Polisi

“Penerapan SIPD Online yang diterapkan oleh Pemkab Muara Enim ini tentunya akan meningkatkan realisasi belanja daerah, pengelolaan keuangan daerah jadi lebih efektif, efisien dan akuntabel dan tidak terhalang oleh hari libur,” papar Agus Fatoni.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru memuji Kabupaten Muara Enim sebagai daerah pertama yang 100 persen menerapkan SIPD Online di Provinsi Sumsel.

Sehingga dirinya menginginkan penerapannya dapat menyebar keseluruh Kabupaten/kota di Sumsel guna meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah serta mempermudah pelayanan kepada masyarakat. 

Sambung Gubernur bahwa penerapan SIPD online merupakan komitmen Pemprov Sumsel dalam mendorong sistem digitalisasi mulai dari perencanaan, pengelolaan, hingga evaluasi keuangan.

BACA JUGA:7 Mobil Tua Tetap Menggoda, Nomor 3 Idaman Banget

Menurut Herman Deru, SIPD tersebut memiliki banyak keuntungan bagi pemerintah daerah.

"Banyak keuntungan yang didapatkan dari SIPD ini. Yang jelas pengelolaan keuangan menjadi akuntabel, transparan, efisien, realtime, dan peruntukannya tepat sasaran," kata Herman Deru.

Diketahui, SIPD tersebut akan dilakukan menyeluruh di kabupaten dan kota baik yang ada di Sumsel maupun Bangka Belitung.

“Saat ini di Sumsel, Kabupaten Muara Enim yang menjadi daerah pertama 100 persen menggunakan sistem tersebut. "Kita sangat mengapresiasi ini. Apalagi Sumsel dan Babel merupakan provinsi pertama yang melaunching ini. Inovasi ini dilakukan karena adanya komitmen dan keberanian baik dari pihak perbankan maupun pemerintah daerah," tutur Herman Deru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: