Ratusan Warga Muara Enim Menangis Haru di Masjid Agung, Ada Apa?

Ratusan Warga Muara Enim Menangis Haru di Masjid Agung, Ada Apa?

--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM---Ratusan warga MUARA ENIM menangis haru di masjid Agung MUARA ENIM, Senin (12/6) subuh. Tangis haru tersebut terjadi saat para keluarga melepas keberangkatan orang tua dan keluarnya mereka berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

Keberangkatan jemaah haji asal Kabupaten Muara Enim tersebut dilepas langsung Plt Bupati Ahmad Usmarwi Kaffah SH LLM Phd, pejabat Forkominda, Plt Ketua PKK Nurul Vita Utami, kepala OPD dan Kepala Kemenag Muara Enim Dr H Hasanudin MHI.

Diketahui, calon jemaah haji Kabupaten Muara Enim, Senin (12/6) berangkat menuju Asrama Haji Palembang.

Besok, Selasa (13/6) akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah, untuk menunaikan serangkain ibadah haji selama 40 hari.

BACA JUGA:Ingin Berwisata ke Gelam Forest Fantasy yang dekat dengan Palembang, Ini Jalurnya

Saat pelepasan, Plt Bupati Ahmad Usmarwi Kaffah mengaku bahagia bisa melepas langsung calon jemaah haji Kabupaten Muara Enim yang tergabung dalam kloter 15 Palembang. 

“Seseorang bisa menunaikan ibadah haji, merupakan nikmat yang luar biasa dari Allah SWT.  Atasnama Pemkab Muara Enim dan pribadi, saya mengucapkan selamat bagi para jemaah yang akan menunaikan ibadah haji. Semoga pulangnya membawa haji mabrur dan mabruroh,” harap Kaffah.

Kaffah berpesan kepada seluruh jamaah haji Muara Enim untuk selalu menjaga kekhusukan dalam beribadah, kompak di kloter 15 dan selalu menjaga kesehatan agar lancar menunaikan rukun dan kewajiban ibadah haji.

“Jaga nama baik Kabupaten Muara Enim, patuhi apa yang menjadi arahan ketua kloter atau ketua kelompok, serta pembimbing haji,” ucap Kaffah.

BACA JUGA:Sering Temukan Ulat Pada Brokoli? Ini Tips Biar Bersih dari Ulat dan Kotoran Lainnya

Seperti diketahui jumlah calon jemaah haji berasal dari Kabupaten Muara Enim sebanyak 363 orang, yang terdiri dari 199 orang perempuan dan 164 orang laki-laki dengan umur rata-rata 50-60 tahun.

Untuk calon jamaah haji reguler 1444 H / 2023 M sebanyak 357 orang, Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) 1 orang, Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) 5 orang sehingga total 363 orang. 

“Untuk jenis kelamin 199 orang perempuan dan 164 orang laki-laki. Sedangkan untuk calon haji tertua atas nama Anang Usin 92 tahun dan yang termuda atas nama Akbar Rizki Pratama 22 tahun. Jika di rata-ratakan umur calon haji asal Kabupaten Muara Enim berumur 50-60 tahun,” ujar  Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Muara Enim Dr H Hasanudin MHi.

Berdasarkan kondisi kesehatan calon haji  asal Kabupaten Muara Enim, lanjut Hasanudin, calon haji dengan kategori Lansia dan resiko tinggi berjumlah 117 orang, calon haji yang menggunakan kursi roda 16 orang. Untuk kloter keberangkatan terbagi tiga kloter yakni kloter 15 sebanyak 355 orang, kloter 16 sebanyak 6 orang dan kloter 13 ada 2 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: