Jemaah Calon Haji Muara Enim Didominasi Usia 50-60 Tahun

Jemaah Calon Haji Muara Enim Didominasi Usia 50-60 Tahun

Jemaah calon haji Muara Enim didominasi usia 50-60 tahun. Foto : GLady dari Pixabay--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Jumlah jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Muara Enim, Sumsel sebanyak 363 orang yang terdiri dari 199 orang perempuan dan 164 laki-laki didominasi usia 50-60 tahun.

Untuk jemaah calon haji reguler 1444 H/2023 M sebanyak 357 orang, Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) 1 orang, Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) 5 orang sehingga total 363 orang.

“Calon haji tertua atas nama Anang usia 92 tahun dan yang termuda atas nama Akbar Rizki Pratama 22 tahun,” jelas  Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Muara Enim, Dr. Hasanudin, Minggu 11 Juni 2023.

“Jika di rata-ratakan calon haji asal Kabupaten Muara Enim berusia 50-60 tahun,” lanjutnya.

BACA JUGA:Sah! Pesawat Garuda Siap Bawa 104.172 Jemaah Haji Reguler ke Tanah Suci

BACA JUGA:11 Daerah Hasil Pemekaran Wilayah di Sumsel, Mana Paling Kaya? Simak Datanya di Sini

Berdasarkan kondisi kesehatan jemaah calon haji asal Kabupaten Muara Enim, calon haji dengan kategori lansia dan risiko tinggi berjumlah 117 orang.

Lalu jemaah calon haji yang menggunakan kursi roda 16 orang.

Untuk kloter keberangkatan terbagi 3 kloter, yakni kloter 15 sebanyak 355 orang, kloter 16 sebanyak 6 orang, dan kloter 13 ada 2 orang.

Untuk persiapan keberangkatan calon haji, sambung Hasanudin, seluruh jemaah calon haji Kabupaten Muara Enim telah dibekali bimbingan manasik haji, baik yang tergabung dalam LBIHU maupun yang tergabung sebagai jamaah mandiri.

BACA JUGA:Ada 6.943 Calon Jemaah Haji Reguler 2023 Tak Melakukan Pelunasan

BACA JUGA:Indonesia Punya 521 Danau Cantik, Ada Danau Dendam Tak Sudah, Kamu Tahu Danau Itu Daerah Mana?

Bimbingan manasik haji tingkat kabupaten sebanyak 2 kali pertemuan, bimbingan manasik tingkat kecamatan 10 kali pertemuan, dan bimbingan manasik haji sepanjang tahun di gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kemenag Kabupaten Muara Enim.

Selain itu, seluruh jemaah calon haji telah diperiksa kesehatannya oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim dengan dikeluarkannya surat Istitha'ah untuk keberangkatan haji tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: