Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023

Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah pimpin upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023. Foto : ANDRE/ENIMEKSPRES.CO.ID--

“lni adalah perjuangan dari generasi ke generasi yang membutuhkan kesinambungan dan keberlanjutan. Personel dalam pemerintahan bisa berganti. Tapi, perjuangan ini tidak boleh terhenti,” imbuhnya.

Kemudian, keadilan dan pemerataan harus dipadukan dengan kesejahteraan. Hal itulah yang ingin diwujudkan melalu reformasi struktural, peningkatan kualitas SDM dan hilirisasi industri.

“Kita ingin kekayaan alam negeri ini bermanfaat maksimal bagi kesejahteraan rakyat. Kita ingin mengolahnya dulu di dalam negeri, untuk buka lapangan kerja dan dapatkan nilai tambah,” kata Kaffah.

Program besar lainnya yang juga dirancang demi pemerataan dan kemajuan adalah pembangunan lbu Kata Nusantara.

“Kita ingin masyarakat di luar Jawa juga menikmati manfaat signifikan dari pembangunan. Sekali lagi, perjuangan ini belum selesai dan harus dilanjutkan oleh para pemimpin pemerintahan ke depan,” lanjut Kaffah.

Di sisi lain, di tengah geopolitik dunia yang panas, Indonesia terus berusaha berkontribusi untuk perdamaian dunia. Bahkan menjadi titik temu dan jembatan perbedaan.

“Memiliki prinsip dan tidak berpihak pada kekuatan tertentu. lnilah Indonesia, yang tidak bisa didikte, tapi selalu ingin berkontribusi untuk dunia,” katanya.

ldeologi Pancasila yang mengajarkan sikap toleran, keberanian dan menghargai perbedaan, telah membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia.

“Presidensi G20 telah sukses kita laksanakan, negara yang berseteru, bahkan yang sedang berperang, bisa duduk bersama untuk mencari solusi damai. Keketuaan Indonesia di ASEAN, juga akan kita manfaatkan untuk membuat ASEAN semakin kokoh, bersatu dan terus menjadi jangkar perdamaian dan kemakmuran kawasan. lni adalah bukti bahwa Pancasila bukan hanya utama untuk Indonesia, tetapi juga relevan untuk dunia,” ucap Kaffah.

Selanjutnya, toleransi, persatuan dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh dan menciptakan dunia yang damai dan sejahtera.

“Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk bergerak bersama, menolak ekstrimisme, menolak politisasi identitas dan agama, serta menolak segala bentuk provokasi. Mari kita sambut pesta demokrasi dengan kedewasaan dan suka cita dengan memegang teguh Pancasila,” pesan Presiden Jokowi masih dibackan Kaffah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: