Kue Gunjing Khas Semende, Rasanya Ada yang Manis dan Enak

Kue Gunjing Khas Semende, Rasanya Ada yang Manis dan Enak

kue gunjing --

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM--Kabupaten MUARA ENIM khususnya Semende Raya memiliki makanan tradisional yang enak dimakan dengan kopi atau teh panas. Namanya kue gunjing, rasanya ada yang manis dan enak, ada juga yang rasanya asin gemuk.

Kue gunjing ini merupakan makanan ringan, yang terkenal di kawasan Semende Raya (Semende Darat Laut, Semende Darat Tengah dan Semende Darat Ulu) Kabupaten Muara Enim. Kue gunjing berbentuk tipis panjang yang terbuat dari tepung beras, santan, diberi gula dan parutan kelapa. Kue gunjing ini dimasak dengan cara dipanggang.

kue gunjing mirip seperti kue pukis, karena memang dibuat menggunakan cetakan kue pukis. Tapi rasa kue gunjing dan kue pukis jauh berbeda.

Kue gunjing sering dijadikan masyarakat Semende atau masyarakat Muara Enim untuk sarapan pagi. Selain itu, kue gunjing ini sering disajikan jika ada acara adat, kegiatan desa atau kunjungan tamu pemerintahan seperti Bupati dan pejabat lain ke Semende, kue gunjing biasanya menjadi kudapan yang khas dan dimakan dengan kopi panas.

Selain dijadikan makanan ringan, kue gunjing juga banyak dijual masyarakat Kota Muara Enim dan peminatnya cukup banyak.

Berikut resep dan cara membuat kue gunjing:

Bahan-bahan:

1. 100 gram tepung beras

2. 200 gram kelapa parut

3. 65 ml santan instan

4.satu lembar daun pandan

5.235 ml air untuk larutan santan

6. 200 ml air

7.1/2 sdt garam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: