Tidak Lega Saat Sendawa Seperti Tersendat di Kerongkongan, Ternyata Ini Sebabnya

Tidak Lega Saat Sendawa Seperti Tersendat di Kerongkongan, Ternyata Ini Sebabnya

Ilustrasi sendawa. Foto : Alodokter--

ENIMEKSPRES.CO.ID - Kadang kalahnya orang merasa tidak lega saat sendawa seperti tersendat di kerongkongan, apa yang sebenarnya terjadi?

Kondisi susah untuk mengeluarkan sendawa sehingga setiap kali ada rasa ingin sendawa tidak bisa keluar hanya sampai di tenggorokan dan seperti kembali lagi ke dalam perut, membuat sesak dan susah bernapas.

Menurut dr. Arrum PA, kondisi tersebut kemungkinan merupakan gejala dispepsia, di mana disebabkan oleh peningkatan asam lambung seperti pada kondisi sakit maag yang juga dapat berlanjut kepada kondisi GERD.

Yaitu naiknya asam lambung ke kerongkongan dan tenggorokan.

BACA JUGA:Sering Bersendawa Bisa Jadi Tanda Penyakit Lambung Hingga GERD, Ini Penjelasannya

Kondisi ini perlu diatasi dengan meningkatkan frekuensi makan menjadi lebih sering dalam porsi sedikit-sedikit, menjaga berat badan ideal atau menurunkan berat badan jika berlebih hingga mencapai BMI ideal.

Hal lain yang harus dilakukan yaitu kelola stres dengan baik, hindari makanan pemicu naiknya asam lambung, hindari berbaring dan berolahraga sesaat setelah makan, serta dapat mengonsumsi obat antasida atau sukralfat.

Namun, jika nantinya dengan beberapa cara tersebut keluhan kamu belum kunjung membaik, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter secara langsung.

Dengan demikian dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut yang tepat untuk mencegah kekambuhan gejala ke depannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: