Gubernur Sumsel Libatkan Stakeholder Dorong UMKM Lokal Naik Kelas Hingga Pasar Nasional

Gubernur Sumsel Libatkan Stakeholder Dorong UMKM Lokal Naik Kelas Hingga Pasar Nasional

Gubernur Sumsel Herman Deru buka UMKM Expo 2023 di halaman kantor DPRD Provinsi Sumsel. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Gubernur Sumsel Herman Deru libatkan stakeholder dorong UMKM lokal naik kelas hingga ke pasar nasional dan pasar dunia.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumsel Herman Deru saat memberikan sambutan pada pembukaan UMKM Expo 2023 bertempat di Halaman Kantor DPRD Provinsi Sumsel, Sabtu 13 Mei 2023 petang.

Menurut Gubernur Sumsel Herman Deru, keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perlu terus didorong agar tetap maju dan memberikan nilai positif terhadap berlangsungan ekonomi kerakyataan.

"UMKM terbukti menjadi pemicu timbuhnya sektor ekonomi dan menjadi penunjang bagi penurunan angka kemiskinan," sebut orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini.

BACA JUGA:Pemrov Sumsel Bersama KPK Cegah Korupsi di Sektor Perizinan, Ini yang Dilakukan

BACA JUGA:Tekan Emisi Gas Buang, PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 Gunakan Teknologi FGD

Menurut Gubernur Sumsel Herman Deru lagi, agar produk UMKM tetap eksis, tentu dibutuhkan dorongan dari semua stakeholder atau pemaku kepentingan lainnya dalam mengenalkan produk UMKM agar tidak hanya dikenal di pasar lokal.

Namun juga bisa naik kelas hingga dikenal di pasar nasional dan pasar global.

"Kita saksikan langsung dari tahun ke tahun ada peningkatan yang signifikan, baik kuantitas maupun strategi marketingnya agar UMKM dapat naik kelas tidak hanya di pasar lokal, nasional tetapi juga kita harapkan dapat mendunia," katanya.

Secara khusus, Gubernur Sumsel Herman Deru turut mengajak semua jajaran di lingkup Pemprov Sumsel, institusi swasta ataupun perorangan yang berkemampuan agar dapat menjadi pahlawan UMKM, mulai dari hulu hingga hilirnya.

BACA JUGA:Fly Over Sekip Ujung Palembang Kedepankan Seni dan Budaya Lokal

BACA JUGA:PLTU Mulut Tambang Sumsel 8 Mampu Serap 5 Juta Ton Batu Bara PTBA

Sebab kata Herman Deru, tanpa bantuan pemangku kepentingan tentu sulit bagi pelaku UMKM untuk dapat bekembang dengan pesat.

"Maindset sedikit demi sedikit sudah dirasakan berubah. Di mana dari konsumen menjadi jiwa yang ingin menghasilkan bahkan menjadi produsen dari prodak-prodak tertentu," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: