Jumlah Penumpang Masuk Sumsel Saat Musim Mudik Lebaran 2023 Melonjak, Segini Jumlahnya

Jumlah Penumpang Masuk Sumsel Saat Musim Mudik Lebaran 2023 Melonjak, Segini Jumlahnya

Gubernur Sumsel Herman Deru bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi saat memantau kondisi penumpang pada arus balik Lebaran 2023 beberapa hari lalu. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Terjadi lonjakan penumpang masuk Sumsel saat musim mudik Lebaran 2023 lalu.

Berdasarkan data yang didapat dari Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel, selama musim mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M, terdapat kenaikan jumlah  kedatangan kendaraan penumpang jika dibanding dengan pada musim mudik tahun 2022 lalu.

Gubernur Sumsel Herman Deru melalui Kepala Dinas Perhubungan Sumsel, Ari Narsa, menjelaskan dalam rangka  menjamin keselamatan, kemanan, keteriban, dan kelancaran penumpang dan moda transportasi selama masa angkutan  Lebaran 2023.

Pemprov Sumsel dalam hal ini Dinas Perhubungan bersama dengan instansi terkait telah melaksanakan pemantauan arus lalu lintas kendaraan dan penumpang yang masuk dan keluar Sumsel, meliputi moda darat, udara, dan penyeberangan.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Herman Deru Komitmen Perjuangkan Kesejahteraan Buruh

“Berdasarkan hasil pemantauan sejak tanggal 15 hingga 25 April 2023 terjadi peningkatan kendaraan yang masuk Sumsel selama arus mudik lebaran, baik itu menggunakan moda transportasi darat, udara, dan penyeberangan," jelas Ari Narsa.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil pantauan pihaknya, terjadi peningkatan jumlah penumpang pesawat domestik sebanyak 98.761.

Lalu penumpang kereta api sebanyak 15.302, penumpang yang masuk melalui Pelabuhan Tanjung Api-Api sebanyak 19.796.

Kemudian penumpang yang masuk melalui beberapa terminal sebanyak 42. 011 orang penumpang.

BACA JUGA:Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Sumsel Resmi Ditutup, Pengendara Diimbau Kembali Gunakan Jalan Arteri

“Sehingga total jumlah penumpang dalam rentang waktu tanggal 15 hingga 25 April sebanyak 176.534 orang,” jelasnya. 

Sedangkan untuk jumlah kendaraan yang masuk wilayah Sumsel dalam waktu yang sama tercatat mencapai 198.768 kendaraan, terbagi atas kendaraan yang masuk melalui pelabuhan Tanjung Api-api sebanyak 4.716.

Melalui gerbang tol Keramasan 159.609 kendaraan, masuk Sumsel melalui gerbang tol Palindra 181.043 kendaraan.

Sedangkan melalui lintas Sumatera sebanyak 29.018, serta 1.526 kendaraan lainnya masuk melalui terminal lainnya yang ada di Sumsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: