Diguyur Hujan Deras, Jalinsum Muara Enim Tergenang Banjir, Ternyata Ini Penyebabnya

Diguyur Hujan Deras, Jalinsum Muara Enim Tergenang Banjir, Ternyata Ini Penyebabnya

Anggota Satlantas Polres Muara Enim mengatur lalu lintas di lokasi banjir Jalinsum Muara Enim. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Diguyur hujan deras dan saluran air tidak berfungsi, membuat Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di Dusun IV Talang Padang, Desa Dalam, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim, Sumsel, tergenang banjir.

Akibatnya para pengendara terutama roda dua harus ekstra hati-hati ketika melintas, hingga menimbulkan kemacetan, Senin 1 Mei 2023.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, banjir akibat sebelumnya diguyur hujan deras dan saluran air yang tidak berfungsi, sehingga membuat air cukup deras mengalir dan menutupi kawasan jalan raya hingga sampai selutut orang dewasa.

Akibatnya para pengemudi kendaraan terutama kendaraan roda dua harus berhenti dan ekstra hari-hati ketika akan melintas, sebab arus air cukup deras yang bisa saja menyeret pengendara.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Gelontorkan Bangub Rp8 Miliar Untuk Atasi Banjir di RS Sriwijaya Baturaja Timur

BACA JUGA:Korban Banjir di 3 Kabupaten Ini Mendapat Bantuan

Atas kejadian tersebut, anggota Polri, TNI, Senkom, dan masyarakat saling bahu membahu mengatur arus lalu lintas yang sempat terjadi kemacetan panjang akibat adanya luapan air tersebut.

"Kita pandu dan kita tandai dengan kayu tonggak agar pengendara tidak terjebak saat melintas," jelas Kapolres Muara Enim, AKBP Andi Supriadi melalui Kasat Lantas Polres Muara Enim, AKP Suwandi.

Menurut AKP Suwandi, genangan air ini selalu terjadi terutama ketika hujan deras terus menerus di wilayah tersebut.

Hal ini dikarenakan saluran air terlalu kecil sehingga antara debit air yang dihasilkan tidak sepadan dengan yang dibuang.

BACA JUGA:PT SBS Bantu Korban Bencana Banjir di Muara Enim

BACA JUGA:Anggota Urkes Polres Muara Enim Cek Kesehatan Warga Terdampak Banjir

Untuk itu, kepada pihak terkait bisa membuat atau membangunkan drainase yang lebih representatif sehingga setiap ada hujan masyarakat terutama para pengendara tidak was-was ketika melintas di lokasi ini.

"Sekarang kondisinya sudah surut selama terendam banjir kita siap siaga terutama jika diguyur hujan kembali," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: