Mau Dapat Bansos 2023? Begini Cara Daftar DTKS Online Cuma Lewat Handphone

Mau Dapat Bansos 2023? Begini Cara Daftar DTKS Online Cuma Lewat Handphone

DTKS untuk mendapatkan Bansos. Foto : DOK--

ENIMEKSPRES.CO.ID - Kamu mau menjadi penerima manfaat program Pemerintah bantuan sosial (Bansos) 2023, saat ini bisa mendaftar DTKS secara online dan hanya lewat handphone saja.

Berikut ini caranya untuk daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) secara online, sehingga bisa mendapatkan Bansos 2023, seperti PHK, BPNT, PIP, BLT, atau yang lainnya.

Cara untuk mendaftar DTKS secara online lewat handphone ini cukup mudah.

Kamu hanya perlu menyiapkan identitas diri, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), dan yang pasti handphone sebagai media untuk mendaftarnya.

BACA JUGA:Cek Penerima Bansos di cekbansos.kemensos.go.id yang Akan Cair Sebelum Lebaran

BACA JUGA:Alhamdulillah, Jelang Lebaran 5 Jenis Bansos Ini Segera Cair, Apa Saja? Cek di Sini

Jika kamu berhasil mendaftar di DTKS, dan dinyatakan lolos sebagai penerima manfaat, maka kamu dapat berkesempatan mendapatkan Bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) sebesar Rp200.000 setiap bulannya.

Namun bukan hanya BPNT, ada juga kesempatan untuk mendapatkan Bansos PKH (Program Keluarga Harapan) tahap I, berupa BLT untuk kategori ibu hamil, anak usia dini, anak sekolan, lanjut usia (lansia) dan disabilitas.

Sebelum dibahas lebih jauh, kamu juga harus mengetahui, bahwa DTKS adalah singkatan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

DTKS ini meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial, serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

BACA JUGA:21,3 Juta KPM Terima Bansos Pangan 2023, Peluncurannya Langsung Dilakukan Presiden Jokowi

BACA JUGA:Jelang Lebaran, 5 Jenis Bansos Ini Segera Cair, Yuk Cek Nama Kamu di Sini

Pada DTKS Kemensos memuat data penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial rendah, termasuk dengan penduduk penerima Bansos PKH hingga BPNT Kartu Sembako.

Berikut ini cara daftar DTKS secara online hanya lewat handphone agar dapat Bansos BPNT hingga PKH 2023:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: