Warga Paksa Putar Balik Angkutan Batu Bara di Lahat Sumsel, Ternyata Ini Sebabnya

Warga Paksa Putar Balik Angkutan Batu Bara di Lahat Sumsel, Ternyata Ini Sebabnya

Warga Lebuay Bandung, Kabupaten Lahat, Sumsel paksa putar balik angkutan batu bara. Sebabnya karena tuntutan warga tidak dipenuhi. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

Kamiludin (62), salah satu warga Kampung V Desa Karang Raja, mengatakan aksi penyetopan ini dilandasi keresahan masyarakat lantaran mobilitas angkutan batu bara sangat padat.

Serta beberapa di antaranya oknum sopir saat melintas kerap ugal-ugalan yang mengakibatkan banyak dampak negatif bagi masyarakat khususnya di Desa Karang Raja.

BACA JUGA:Soal Angkutan Batu Bara di Muara Enim, Solusi Terbaik Gunakan Jalan Khusus

Parahnya lagi, kata Kamiludin, berapa hari lalu terjadi pemadaman aliran listrik selama 10 jam akibat angkutan batu bara menabrak tiang listrik.

Belum lagi, menabrak rumah, serta pagar milik warga.

Selain itu, masyarakat Desa Karang Raja kerap mendapati bongkahan batu bara yang diangkut tumpah ke badan jalan.

Tentunya hal ini menimbulkan polusi dan rawan terjadinya kecelakaan, karena tumpahan batu bara.

BACA JUGA:Cepat Tanggap, Satlantas Polres Lahat Minta Bus Karyawan Masuk Kota Lahat Putar Balik, Ini Alasannya

“Oleh karena itu masyarakat menginginkan angkutan batu bara ini dihentikan beroperasi sementara karena belum ada kata sepakat dan penyelesaian bersama masyarakat Desa Karang Raja,” tegas dia.

“Masyarakat berharap angkutan batu bara tidak lagi melewati jalan umum melainkan melalui lajur khusus,” pinta Kamiludin.

Terpisah, anggota DPRD Muara Enim, H. Ajis Rahman, mengatakan sudah seharusnya perusahaan atau angkutan batu bara itu memiliki akses jalan sendiri.

Jalan umum, kata dia, merupakan jalan rakyat karena rakyat yang membangun jalan tersebut, bukan uang dari angkutan batu bara.

BACA JUGA:Diduga Sopir Mengantuk, Truk Angkutan Batu Bara Tabrak Tiang Listrik hingga Patah

Namun kenyataannya, dampak keberadaan angkutan batu bara ini yang dirasakan masyarakat hanya menghirup polusi dari debu-debu batu bara yang beterbangan, hingga kerap terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Semua itu karena mobilitas angkutan batu bara, banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari mobilitas angkutan batu bara ini. Belum lama ini juga terjadi pemadaman listrik yang cukup lama karena tiang listrik dihantam truk batu bara,” sesalnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: