Harga Kebutuhan Dapur di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Mulai Naik

Harga Kebutuhan Dapur di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Mulai Naik

Salah satu pedagang bumbu dapur yang ada di Pasar Pendopo, PALI. FOTO : HERU/ENIMEKSPRES.CO.ID--

PALI, ENIMEKSPRES.CO.ID – Beberapa harga sejumah bahan pokok di wilayah Bumi Serepat Serasan dalam dua pekan terakhir ini mengalami kenaikan, harga bawang merah dan cabai.

Tentu hal ini membuat masyarakat mengeluh, lantaran saat ini harga sejumlah bahan pokok dirasa tidak sebanding dengan penghasilan masyarakat yang ada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang sebagian besar berprofesi sebagai petani karet.

Seperti harga cabai merah di sejumlah pasar kalangan yang ada di wilayah Kabupaten PALI, terpantau dikisaran Rp65 ribu perkilogram, bawang merah dikisaran Rp40 ribu perkilogram.

Sedangkan harga getah karet pada minggu ini cenderung menurun harganya dikisaran Rp6 ribu hingga Rp7 ribu perkilogramnya.

BACA JUGA:Travel Umroh Bakal Kebanjiran Jamaah, Simak ini Penyebabnya

BACA JUGA:Gedung DPRD PALI Mangkrak, Rp 7 Miliar Sudah Cair

“Bahan pokok sekarang serba mahal, sementara penghasilan menurun akibat harga getah karet murah. Ditambah lagi cuaca yang kerap turun hujan disiang hari,” ujar Pita, salah satu petani karet asal Desa Karta Dewa.

Sama halnya diungkapkan Remon, salah satu pedagang nasi di Kecamatan Penukal yang mengaku kesulitan akibat bahan baku dagangannya merangkak naik.

“Dari tepung sampai bumbunya naik, tentu saja ini berpengaruh pada keuntungan kami. Sebab harga jual tetap, sementara modal terus bertambah akibat kenaikan bahan baku,” keluhnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten PALI Aan Jultravolta menyatakan, bahwa pihaknya telah melakukan inspeksi mendadak (sidak).

BACA JUGA:Plt Bupati Muara Enim Minta Majelis Pertimbangan Kelitbangan Fokus Kaji Tambang Rakyat

BACA JUGA:Plt Bupati Muara Enim Apresiasi Kemanunggalan TNI Bersama Masyarakat, Begini Katanya

“Menyikapi kemungkinan inflasi, Disperindag memang sudah melakukan pemantauan dan akan mengelar operasi pasar dalam waktu dekat untuk menekan harga-harga bahan pokok di wilayah Kabupaten PALI,” ungkapnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: