Rabu Besok, Kedua Jenazah WNI Korban Gempa Turki Pulang ke Tanah Air

Rabu Besok, Kedua Jenazah WNI Korban Gempa Turki Pulang ke Tanah Air

Proses Pencarian Korban Gempa Bumi di Turki. FOTO:DOK/MEDIAHUBPOLRI--

JAKARTA, ENIMEKSPRE.CO.ID – Jenazah 2 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tewas karena menjadi korban gempa bumi di Turki beberapa waktu lalu akan dipulangkan ke Tanah Air pada Rabu, 22 Februari 2023. 

Dua WNI tersebut yakni Irma Lestari dan Ni Wayan Supini yang ditemukan meninggal dunia di bawah reruntuhan Apartemen Geleria, Kota Dyarbakir, Turki Jumat 17 Februari 2023.

Duta Besar RI Turki, Muhammad Iqbal mengatakan hal tersebut dalam tulisannya Minggu, 19 Februari 2023 kemarin. 

“Kami semua sangat berduka cita. Insya Allah dengan telah terkonfirmasinya jenazah kedua saudara kita, KBRI Ankara dan Kementerian Luar Negeri akan segera mengupayakan pemulangan jenazah ke kampung halaman masing-masing,” ucap Dubes RI Turki.

BACA JUGA:Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) Kabupaten Muara Enim Siap Siaga Cegah Karhutlah

BACA JUGA:Intip, Proses Evakuasi Penumpang Helikopter Polri yang Mendarat Darurat di Jambi

Upaya pencarian terhadap korban termasuk Irma dan Ni Wayan sudah dilakukan sejak hari pertama kejadian gempa bumi tersebut. 

Gempa bumi Turki pada Senin, 6 Februari 2023 lalu berkekuatan magnitude 7,8.

Akan tetapi sampai di hari ketiga pasca gempa, KBRI Ankara mengumumkan status dua WNI itu belum bisa dihubungi ataupun belum ditemukan.

Saat itu tim evakuasi dipimpin oleh Kombes Pol. Budi Wardiman mereka terus melacak keberadaan Irma dan Wayan di Dyarbakir dan juga mengevakuasi sebanyak 20 WNI lainnya di yang berada di kota tersebut dan kota Malatya. 

BACA JUGA:Ayo, Dapatkan Saldo Dana Gratis Rp300 Ribu Tanpa Ribet, Langsung Cair

BACA JUGA:PTBA Fokus Tingkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Sampai akhirnya tim evakuasi terfokus di reruntuhan Apartemen Geleria tempat tinggal mendiang keduanya saat bekerja di Turki. 

Tim gabungan KBRI Ankara dan Indonesia Search and Rescue (Inasar)  dari Basarnas dipimpin oleh Judha Nurgraha sebagai Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: