Apel Operasi Keselamatan Musi 2023 Kedepankan Preemtif, Preventif dan Gakum, Ini Pesan Kapolres Muara Enim

Apel Operasi Keselamatan Musi 2023 Kedepankan Preemtif, Preventif dan Gakum, Ini Pesan Kapolres Muara Enim

Kapolres Muara Enim menyematkan pita tanda dimulainya Operasi Keselamatan Musi. FOTO : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

Sehingga pada saat menjelang datangnya bulan suci Ramadan 144$ Hijriyah masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan nyaman. 

Sebab dari hasil evaluasi data yang dimiliki, pelanggaran di dominasi oleh pelanggaran kelengkapan surat-surat kendaraan, penggunaan safety belt, dan pelanggaran terhadap rambu atau marka jalan.

BACA JUGA:Gelar Rapat Tindaklanjut Raperda Pembatasan Hiburan Masyarakat, Simak Ketentuannya

BACA JUGA:Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp300 Ribu langsung Cair, Simak Langkahnya dan Cobain!

Andi Supriadi menyampaikan, bahwa fungsi Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam pemerintahan negara di bidang lalu lintas dan angkutan jalan yang diamanatkan dalam undang-undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan undang-undang  Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan adalah mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas kamseltibcar lantas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas, dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

Adapun tujuan dari keempat fungsi maupun tugas tersebut adalah agar polisi lalu lintas mampu memberikan jaminan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas di jalan sehingga masyarakat dapat terbebas dari ancaman serta gangguan dalam beraktivitas di jalan.

“Amanat dari undang-undang tersebut merupakan tugas yang berat dan sangat kompleks sehingga tidak akan mampu apabila ditangani oleh Polantas sendiri melainkan harus didukung oleh para pemangku kepentingan di bidang lalu lintas lainnya untuk menjadi dasar dalam menemukan dan menyelesaikan akar permasalahan yang ada,” tegasnya.

Adapun kegiatan yang akan dikedepankan pada pelaksanaan operasi keseramatan besi 2023, lanjut Kapolres, melaksanakan deteksi dini lidik pengamanan serta pemetaan di lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan pelanggaran dan kecelakaan. 

BACA JUGA:Cek Alur Pendaftaran dan Formasi CPNS Kemenkumham 2023

BACA JUGA:Ciptakan SDM Bisa Bersaing di Dunia Usaha dan Industri, Ini yang Dikatakan Ketua Pengurus UNSAN Muara Enim

Dan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang tertib lalu lintas berupa giat sosialisasi penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan pembagian stiker serta melalui media cetak elektronik dan medsos.

Kemudian, melaksanakan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan macet laka dan pelanggaran lalu lintas, serta melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan etle statis dan mobil serta blanko teguran.

“Kepada seluruh personel yang terlibat operasi agar meningkatkan kewaspadaan dalam menjalankan tugas serta melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dalam rangka menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” pesan Andi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: