Anti Gempa, Konstruksi Tol Kapalbetung Seksi 2B dan 3 Dikerjakan dengan Mutu Tinggi, Operasional Agustus 2023

Anti Gempa, Konstruksi Tol Kapalbetung Seksi 2B dan 3 Dikerjakan dengan Mutu Tinggi, Operasional Agustus 2023

Anti Gempa, Konstruksi Tol Kapalbetung Seksi 2B dan 3 Dikerjakan dengan Mutu Tinggi, Operasional Agustus 2023. Foto : DOK--

SUMSEL, ENIMEKSPRES.CO.ID - Konstruksi jalan Tol Kapalbetung (Kayuagung, Palembang, Betung), khususnya seksi 2B dan 3 dikerjakan dengan mutu tinggi.

Itu karena, sebagian besar wilayah yang dilalui proyek dari Tol Trans Sumatera daerah tanah berawah.

Jika pembanguan di atas lahan rawah itu berhasil, maka diharapkan dapat menjadi contoh bagi konstruksi lain.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, mengatakan Jalan Tol Kapalbetung Seksi 2B dan 3 ini agar dikerjakan dengan mutu konstruksi yang baik dengan tata kelola yang bagus. 

BACA JUGA:Tol Kapal Betung Disebut Jadi Solusi Urai Kemacetan di Jalan Palembang-Banyuasin

Tujuannya supaya memberikan hasil yang maksimal dan bisa dimanfaatkan secepat mungkin oleh masyarakat dalam melakukan perjalanan ke Palembang menuju ke Betung maupun ke Jambi.

"Harapan saya bisa menjadi contoh bagi pembangunan konstruksi lainnya yang semakin berkualitas di Indonesia pada masa depan," harap Danang dilansir dari bpjt.pu.go.id, Sabtu 4 Februari 2023.

"Mudah-mudahan lancar selama penyelesaian konstruksi dan memberikan manfaat besar kepada masyarakat khususnya bagi peningkatan ekonomi wilayah di Sumatera Selatan," lanjutnya.

Misalnya, soal penggunaan Lead Rubber Bearing (LRB).

BACA JUGA:Tinjau Pembangunan Jalan Tol Kapal Betung, Gubernur Sumsel Herman Deru Sampaikan Hal Ini

LRB sendiri adalah Bantalan Karet Inti Timbal yang saat ini paling banyak di-aplikasikan di Indonesia, terutama pada struktur jembatan karena memiliki kemampuan redaman yang tinggi dan dibuat dari karet alam yang melimpah di Indonesia.

Fungsi LRB sangatlah vital dalam menjaga keamanan struktur saat terjadi gempa sehingga menuntut kualitas mutu produk dari LRB yang harus lulus verifikasi sesuai standar spesifikasi yang berlaku.

Untuk struktur jembatan, Spesifikasi Khusus SKh-1.7.47, yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Bina Marga, Kementrian PUPR, memuat dengan rinci ketentuan-ketentuan mutu termasuk pengujian untuk LRB.

Lead Rubber Bearing (LRB) ini telah diaplikasikan pada beberapa proyek jalan tol yaitu Tol 6 Ruas Dalam Kota (Kelapa Gading – Pulo Gebang), Tol – Tol Trans Sumatera Mulai dari Aceh sampai Lampung, serta Tol Bogor Ring Road.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: