5 Kali Ganti Kepala Daerah Muara Enim, Jalan di Desa Ini Tak Kunjung Diperbaiki

5 Kali Ganti Kepala Daerah Muara Enim, Jalan di Desa Ini Tak Kunjung Diperbaiki

Akses jalan Tebat Rumung Desa Tebing Abang, yang menghubung Desa Sri Tanjung, Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT), Kabupaten Muara Enim, Sumsel selalu tergenang air saat turun hujan. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Akses jalan Tebat Rumung Desa Tebing Abang, yang menghubung Desa Sri Tanjung, Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT), Kabupaten Muara Enim, Sumsel masih menjadi keluhan masyarakat.

Betapa tidak, walaupun sudah 5 kali Bumi Serasan Sekundang ganti kepala daerah, namun jalan penghubung antar desa sebagai akses anak-anak yang hendak menuju SMPN 4 SDT ini tak kunjung diperbaiki oleh Pemerintah.

“Kita sangat menyayangkan tidak ada tindak lanjut Pemerintah untuk melakukan perbaikan Jalan Tebat Rumung. Apalagi saat ini Kabupaten Muara Enim ini telah 5 kali pergantian kepala daerah dan anggota dewan dapil 4 tidak cepat tanggap apa yang menjadi keluhan masyarakat,” kata Tokoh Masyarakat Semende, Nurul Hudi, S.H (55), Kamis 2 Februari 2023.

Jalan Tebat Rumung itu, satu-satunya akses jalan bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas, baik ke kebun dan sawah maupun keperluan lainnya.

BACA JUGA: Jalan Provinsi di Desa Padang Bindu Tertimbun Longsor

Memang, kata Nurul, di jalan tersebut ada pembangunan drainase saluran air, namun fungsinya tidak optimal.

“Jika terjadi turun ujan deras dipastikan jalan Tebat Rumung tergenang air dengan kedalaman mencapai 30 cm. Belum lagi dampak dari galian tanah pembangunan siring barada di pinggir jalan, sehingga genangan air tidak mengalir,” katanya.

Dirinya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk memprioritasakan pembangunan apa yang menjadi harapan masyarakat.

Apalagi saat ini Pemeritah tengah melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahunan sebagai agenda menyerap aspirasi masyarakat.

BACA JUGA: Tiga Desa di Kabupaten Muara Enim Sumsel Butuh Penerangan Jalan Menuju TPU, Ini Harapan Masyarakat Desa

“Semestinya pembangunan infrastruktur itu skala prioritas, sehingga anggaran pembangunan tidak terkesan mubazir,” tegasnya.

“Kemudian aspirasi masyarakat yang dititipkan kepada anggota dewan agar diperjuangkan di pembahasan RAPBD. Namun pembangunan yang sifatnya segera tidak terakomodir. Alangkah baiknya jika Pemerintah sendiri melalui OPD terkait turun langung untuk melihat kondisi di lapangan,” pinta dia.

Sementara itu, Kasman MA, anggota DPRD Kabupaten Muara Enim Dapil IV dari Fraksi NasDem, mengatakan dirinya sudah menerima laporan dan keluhan dari masyarakat terkait akses jalan Tebat Rumung Desa Tebing Abang selalu digenangi air jika terjadi turun hujan.

“Dalam waktu dekat saya akan turun ke lapangan dan berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk ditindaklanjuti. Kasihan masyarakat dan anak-anak yang hendak berangkat ke sekolah selalu terhambat karena terjebak oleh genangan air,” kata Kasman. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: