PTBA Sudah Bangun Sejumlah Fasilitas Wujudkan Tanjung Enim Kota Wisata

PTBA Sudah Bangun Sejumlah Fasilitas Wujudkan Tanjung Enim Kota Wisata

plasa Saringan dengan icon tugu kujur dukung Tanjung Enim sebagai kota wisata--

ENIMEKSPRES.CO.ID, TANJUNG ENIM---PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dengan dukungan penuh Pemkab Muara Enim serius ingin mewujudkan Kota Tanjung Enim sebagai kota wisata tambang dimasa depan.

PTBA tidak ingin, pasca tambang batubara yang mereka lalukan, Kota Tanjung Enim menjadi kota mati.Untuk terus menggerakkan perekonomian masyarakat dan kemajuan kota dimasa depan. Maka sejak 2016 lalu, mencanangkan Kota Tanjung Enim sebagai kota wisata dimasa mendatang.

Untuk mewujudkan Tanjung Enim sebagai kota wisata, PTBA sudah membangun beberapa fasilitas wisata yakni mini zoo and jogging track (taman terbuka yang berisi sejumlah fauna). Di mana taman ini bisa dikunjungi masyarakat dengan gratis. Setiap akhir pekan ramai dikunjungi masyarakat. Lokasinya tepat berada di samping masjid jamik kompleks PTBA.

Kemudian membangun mesum batubara, dipinggiran sungai enim di Kota Tanjung Enim. Sejak 17 Agustus 2022 lalu, mesuem batubara ini banyak didatangi masyarakat di Sumsel dan luar Sumsel. Untuk masuk ke museum ini dengan tiket yang murah. Pengunjung bisa melihat berbagai jenis batubara, sejarah penambangan batubara yang dilakukan PTBA. Selain itu pengunjung juga bisa merasakan sensasi naik kereta bawah tanah untuk melihat replikasi penambangan batubara bawah tanah yang dilakukan PTBA pada zama dahulu.

Kemudian diarea luar, juga replikasi terowong tambang yang bisa dilihat dari dekat, ada juga danau buatan untuk bermain perahu. Taman bermain, replika jembatan ampera dan replika lain seperti Benteng Kuto Besak dan  lainnya. Selain itu, diarea museum batubara ini juga cafe untuk pengunjung jika ingin makan dan minum, serta bersantai. Setiap akhir pekan terkadang ada live musik untuk menghibur pengunjung.

Fasilitas wisata lain yang sudah dibangu PTBA untuk mewujudkan Tanjung Enim Kota wisata. Sudah dibangun plasa Saringan dengan icon tugu kujur, taman Monpera.serta melakukan perbaikan trotoar dalam Kota Tanjung Enim sehingga sekarang lebih terlihat rapi dan indah.

Selanjutnya secara bertahap untuk area bekas tambang juga akan dijadikan kawasan terbuka hijau seperti ekowisata, botanical garden, taman buah dan lainnya.

“Apa yang dilakukan PTBA ini untuk membangun peradaban, dan mendukung kesejahteraan masyarakat di masa mendatang, sebagaimana noble purpose PTBA sebagai holding BUMN pertambangan MIND ID,” kata Direktur Utama (Dirut) PTBA, Arsal Ismail kepada enimekspres.co.id, Kamis 12 Januari 2023.Arsal Ismail menerangkan juga, PTBA berkomitmen menjadikan Kota Tanjung Enim sebagai kota wisata.selain itu PTBA juga mendukung pengembangan pariwisata lain di Indonesia.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: