Petani Sawit Masih Dihantui Harga TBS

Petani Sawit Masih Dihantui Harga TBS

Tandan Buah Sawit. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Banyak petani sawit di  Sumatera Selatan, khususnya di Kabupaten Muara Enim yang masih belum bisa “tidur nyenyak”.

Ya, itu karena harga Tandan Buah Segar (TBS) masih fluktuatif atau masih berubah ubah dengan naik turun. 

Wajar saja, sebab, dalam tahun sebelumnya, harga terendah TBS berada di bawah Rp 1.000 rupiah per kilogram. Yang saat itu para petani harus putar otak mengelola operasional. 

Tapi, meski kini sudah semakin membaik, tetap saja khawatir kalau penurunan hingga di bawah Rp2.000 per kilogram. “Kalau sudah di bawah Rp2000, jadi bingung lagi,” aku Doni, petani sawit asal Muara Enim kepada enimekspres.disway.co.id, kemarin 13 Januari 2023.      

 BACA JUGA:Harga Anjlok, Petani Karet di Sumsel Menjerit, Ini Harapannya kepada Pemerintah

BACA JUGA:Peringatan Dini Cuaca dari BMKG membuat BPBD Kabupaten PALI siaga

Berita sebelumnya, kabar kurang mengenakkan bagi petani sawit di Sumatera Selatan. Untuk harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit umur 10–20 tahun turun Rp 62,49/Kg menjadi Rp 2.450,06/Kg. Itu berlaku periode I – Januari 2023.

Harga ini disepakati Tim Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ditetapkan pada Kamis, 12 Januari 2023. Kemudian rapat penentuan harga berikutnya akan dilakukan pada Rabu, 18 Januari 2023.

Jaya, salah satu petani sawit di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan mengaku tidak terlalu merisaukan jika pergerakan harga TBS masih dalam angka Rp100 rupiah. Sebab, katanya pergerakan harga itu tidak terlalu berpengaruh banyak pada operasional. 

“Tapi, kalau pergerakan harga sudah lebih dari Rp100 rupiah, saya juga harus memmpertimbangkan operasional lain, seperti upah panen, upah angkut, dan lain-lain,” akunya. 

BACA JUGA:Sumsel Zona Merah Kasus BBM Ilegal, Per Hari Pelaku Bisa Produksi 10 Ton, Wow!

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Segera Dibuka! 10 Profesi Prioritas Membutuhkan Banyak Tenaga, Simak Rinciannya

Oleh karena itu, dia berharap kepada pemerintah agar kalau pun ada penurunan harga, jangan terllalu tajam seperti dalam tahun 2022 lalu. “Jangan lagi lah sampai di bawah Rp1.000 rupiah. Kasihan petani kecil seperti kami,” tegasnya.  

Berikut harga sawit Provinsi Sumsel seperti dikutif InfoSAWIT dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan. Sawit umur 3 tahun Rp 2.138,79/Kg. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: