PTBA Bantu Pemindahan Makam Masyarakat Desa Darmo Muara Enim Sumsel

PTBA Bantu Pemindahan Makam Masyarakat Desa Darmo Muara Enim Sumsel

Rapat penyaluran biaya pemindahan makam kepada masing-masing ahli waris. FOTO : SIGIT/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Awalnya terkendala biaya untuk pemindahan sebanyak 110 makan warga masyarakat Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul dari Makam Bangko ke makam di wilayah desa Darmo.

Kemudian keluarga atau ahli waris mendapat bantuan dari CSR PT Bukit Asam guna melakukan pemindahan makam, termasuk dua makan Puyang mereka.

Giat penyaluran dana bantuan pemindahan makam, yang dihadiri kepala Desa Darmo Ilwan, CSR PTBA diwakili Erwandi, Ketua BPD Evan Ratman, perangkat Desa dan ahli waris dari jenazah yang akan dipindahkan, bertempat di Kantor Kepala Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim.

Hal tersebut disampaikan pihak management PT BA melalui CSR PTBA Erlandi, bahwa lokasi tersebut merupakan IUP PT Bukit Asam, yang akan digunakan perusahaan dan kepada ahli waris diharapkan dapat menerima bantuan yang diberikan pihak perusahaan.

BACA JUGA:RL2 Muara Enim Sumatera Selatan Daerah Peternakan dan Perikanan Juga Lho

BACA JUGA:3 Dampak Psikologis dan Kesehatan Korban Pemerkosaan, Nomor Terakhir Paling Fatal

Ia juga mengatakan bantuan ini sebagai upaya untuk menghormati leluhur agar dipindahkan sebagaimana layaknya kita memakamkan jenazah orang yang meninggal dunia.

“Dana yang disalurkan agar dipergunakan untuk mengurus jenazahnya seperti untuk uang pemindahan, pembuatan peti, untuk biaya kumpul keluarga dalam rangka doa bersama, pembelian kain kafan dan pembuatan liang lahat (makam), kemudian PT BA akan membantu kendaraan jenazah sebagai angkutan dari Banko Barat ke pemakaman umum Desa Darmo,” ucapnya.

Sementara Kepala Desa Darmo Ilwan juga mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan dari CSR PT BA yang telah memberikan bantuan guna pemindahan makam Puyang Perdiang dan Puyang Putri.

“Bantuan dana sebesar Rp tujuh juta agar dipergunakan untuk biaya pemindahan makam, kain kafan, pembuatan peti jenazah, untuk biaya selamatan/yasinan, serta penggalian liang Lahat," tuturnya.

BACA JUGA:Kementerian PPPA Beri Tanggapan Terkait Tuntutan 7 Bulan Penjara Terhadap Terdakwa Pemerkosaan di Lahat Sumsel

BACA JUGA:Guru PPPK Tak Ada Batasan Pensiun

Ia berharap pada penggalian liang Lahat, agar ditata serapi mungkin dan nisannya diberi nama, disamping rapi dipandang, juga saat ziarah ke makam bisa terarah tidak cari lagi tempanya.

Kemudian dari BPD Darmo juga mengatakan “sebelum kita memotong tumpeng untuk keselamatan dalam pemindahan makam tersebut. Kita sama-sama berdoa baik untuk keselamatan kita dalam melaksanakan pemindahan makam maupun keselamatan bagi janazah yang akan kita pindahkan,” pintanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: