Tol Bengkulu-Taba Penanjung Dibuka 23 Desember 2022, Tarif Masih Gratis

Tol Bengkulu-Taba Penanjung Dibuka 23 Desember 2022, Tarif Masih Gratis

Tol Bengkulu-Taba Penanjung dibuka mulai 23 Desember 2022 dan gratis selama masa sosialisasi. Foto : DOK/HUTAMA KARYA--

BENGKULU, ENIMEKSPRES.CO.ID - Tol Bengkulu-Taba Penanjung dibuka mulai 23 Desember 2022 dengan tarif masih gratis sampai ada informasi kemudian.

Kepastian Tol Bengkulu-Taba Penanjung dibuka pada 23 Desember 2022 tersebut, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR Nomor 1482/KPTS/M/2022.

Surat tersebut perihal Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Lubuklinggau Sumatera Selatan-Curup Bengkulu Seksi 3, yakni ruas Bengkulu-Taba Penanjung.

Berdasar surat keputuran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut, maka PT Hutama Karya (Persero) secara resmi akan mengoperasikan tanpa tarif jalan tol sepanjang 17,60 km, mulai Jumat 23 Desember 2022 tepatnya pukul 08.00 WIB.

BACA JUGA: Kelanjutan Pembangunan Jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau Sumatera Selatan Masih Menunggu Proposal di Kementerian

BACA JUGA: Tol Bengkulu-Taba Penanjung Resmi Dibuka Jumat 23 Desember 2022, Tarifnya?

Koentjoro, Direktur Operasi III Hutama Karya, mengatakan Hutama Karya sebelumnya telah melakukan Uji Laik Fungsi (ULF).

Uji dilakukan selama dua hari, pada tanggal 13 dan 14 April 2022 lalu.

Saat itu diuji coba dengan dioperasikan secara fungsional pada saat momen Mudik Lebaran 2022 lalu, dengan telah dilalui lebih dari 45 ribu kendaraan dengan zero kecelakaan.

“Sesuai arahan regulator, kami sudah siap mengoperasikan jalan tol ini sejak menerima Kepmen (Keputusan Menteri) tersebut,” kata Koentjoro dikutip dari laman resmi Hutama Karya, Kamis 22 Desember 2022.

BACA JUGA: Soal Kelanjutan Pembangunan Tol Bengkulu-Lubuklinggau Sumatera Selatan, Bakal Libatkan Presiden Jokowi

BACA JUGA: Trafik Ruas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Terpadat di Sumatera Saat Natal dan Tahun Baru 2023

“Adapun untuk mendukung pengoperasiannya, kami telah menyiapkan fasilitas dan personel siaga, di antaranya yakni sebanyak 101 personel siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis, dan patroli,” beber Koentjoro.

“Nantinya akan diberlakukan sistem one gate dengan melakukan satu kali tapping di Gerbang Tol (GT) Bengkulu di daerah Betungan,” sambung Koentjoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: