Muara Enim Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,0

Muara Enim Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,0

Wilayah Muara Enim diguncang gempa magnitudo 4,0. Foto : SCREENSHOT INSTAGRAM BMKG--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Wilayah Muara Enim, Sumsel diguncang gempa berkekuatan Magnitudo 4,0 pada Jumat 14 Oktober 2022.

Informasi dari laman BMKG, gempa terjadi pada pukul 8:22:02 WIB, dan terletak di koordinat 3.81 LS dan 103.75 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 km Barat Daya Muara Enim-Sumsel pada kedalaman 1 km.

Dijelaskan juga pada situs BMKG, jenis dan mekanisme gempa bumi tersebut dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan Shakemap BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Muara Enim dengan Skala Intensitas III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

BACA JUGA: Melintas di Siang Hari, Truk Tambang Diduga Milik PTBA Timbulkan Kemacetan

Untuk sementara hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan, akan tetapi kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sementara itu, Ika (35) warga Tanjung Enim, mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui ada gempa. Namun kehebohan terjadinya gempa tersebut heboh di grup-grup aplikasi WhatsApp.

“Mungkin lantaran masih pagi dan padatnya aktivitas sehingga hanya sebagian masyarakat yang merasakan getaran gempa,” kata Ika

Senada dikatakan Wijaya (33) warga Muara Enim. Dirinya hanya merasakan getaran kecil.

BACA JUGA: Kebakaran Rumah di Desa Lebak Budi, Uang Tunai Rp75 Juta Ikut Terbakar

“Di lantai dua Bappeda tidak terasa, dianggap biasa karena kalau berjalan kadang lantai begetar,” ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: