Lomba Bidar Mini, Tradisi Lokal yang Harus Dilestarikan

Lomba Bidar Mini, Tradisi Lokal yang Harus Dilestarikan

Perlombaan Bidar Mini yang digelar Pemerintah Desa Muara Lawai dalam melestarikan tradisi lokal di Danau Cecuho. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Ribuan masyarakat antusias menyaksikan perlombaan Bidar Mini yang digelar Pemerintah Desa Muara Lawai, Jumat 26 Agustus 2022.

Lomba digelar dalam rangka melestarikan tradisi lokal dan memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Danau Cecuho, Desa Muara Lawai, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan mengapresiasi gelaran lomba bidar tersebut.

Soalnya, sudah kurang lebih 2 tahun penyelenggaraan lomba bidar ini ditiadakan karena pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Baznas Muara Enim Gelar Lomba Dai dan Daiyah

Dikatakan Kurniawan, tahun ini merupakan momentum untuk bangkit dan pulih, khususnya bagi warga Desa Muara Lawai dan Kabupaten Muara Enim umumnya.

Di mata Kurniawan, danau yang memiliki panjang sekitar 650 meter ini, merupakan salah satu potensi wisata yang menarik dan bisa menjadi salah satu tujuan wisata favorit.

“Kami berharap karena danau ini dikelola oleh BUMDes, agar pemerintah desa bisa mengelolanya sebaik mungkin sehingga nanti pemerintah bisa mengusahakan bantuan serta bantuan CSR untuk pengembangannya,” kata Kurniawan.

Menurut Kurniawan, Bidar Mini ini harus terus dilestarikan. Sebab Bidar Mini ini merupakan salah satu tradisi lokal masyarakat Desa Muara Lawai.

BACA JUGA: Bapak-bapak Warga Grojokan 5 Muara Enim Ikuti Lomba Masak Nasi Goreng

"Ke depan kita akan memberikan dukungan melalui APBD dan CSR karena danau ini dikelola oleh BUMDes," lanjut Kurniawan.

Sementara itu, Kepala Desa Muara Lawai, Edi Wanseri, mengatakan momentum penyelenggaraan lomba Bidar Mini masih dalam rangka memeriahkan HUT RI.

Disebut Edi, perlombaan tersebut diselenggarakan selama tiga hari, 26 sampai 28 Agustus 2022.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Pj Bupati yang sudah hadir dan membuka acara secara langsung, saya harap  peserta menjunjung sportivitas,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: