11 Daerah di Sumsel Ikuti Festival Qasidah

11 Daerah di Sumsel Ikuti Festival Qasidah

Pembukaan Festival Qasidah di Asrama Haji Palembang. Foto : M NABA ANWAR/SUMEKS.CO/DNN--

ENIMEKSPRES.CO.ID, PALEMBANG - Gubernur Sumsel H. Herman Deru diwakili Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumsel, Abdul Hamid membuka secara resmi Festival Keagamaan (Vokalis Qasidah) tingkat Sumsel, di Asrama Haji Palembang, Jumat (29/7/2022).

Abdul Hamid mengatakan festival keagamaan itu diikuti oleh 300 peserta dari 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumsel.

“Festival keagamaan yang berlangsung 28-30 Juli ini bertujuan untuk membangkitkan nilai-nilai agama melalui lagu qasidah,” kata Hamid.

BACA JUGA: ‘Kebile Bile’ jadi Lagu Lomba Senam Kreasi di Fornas VI Sumsel

Dijelaskannya, festival keagamaan melalui Lembaga Seni dan Qosidah (Lasqi) Sumsel dapat memberi wadah bagi masyarakat desa atau kabupaten agar tertampung serta dapat mengenalkan lagu qasidah daerah.

“Tentunya syiar agama menggali budaya-budaya kita, budaya melalui syiar dan dakwah ini kan sudah dari dulu, dan Lasqi juga berperan untuk membina ke masyarakat di Provinsi Sumsel,” jelasnya.

Kategori festival keagamaan (vokalis qasidah) tingkat Sumsel, yakni anak-anak, remaja putra, remaja putri, dewasa putra, dan dewasa putri.

BACA JUGA: Lantik Anggota KPID Provinsi Sumsel, Ini Pesan Herman Deru

“Nanti yang terbaik mudah-mudahan akan dikirim ke ajang nasional, tahun kemarin Sumsel dapat juara tiga,” ulasnya.

Hamid menyebut, hadiah lomba festival keagamaan yakni trophy, sertifikat, dan uang pembinaan dengan total puluhan juta rupiah.

“Masing-masing kategori akan mendapat hadiah uang pembinaan dari Gubernur Sumsel, yakni juara I Rp5 juta, juara II Rp3 juta, dan juara III Rp2 juta,” tukasnya. (mg01/sumeks.co/dnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: