Puskesmas Tanjung Enim Bina Kader Kesehatan SMK Bukit Asam

Puskesmas Tanjung Enim Bina Kader Kesehatan SMK Bukit Asam

Pembinaan kader kesehatan sekolah di SMK Bukit Asam Tanjung Enim. Foto : SIGIT/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM - Kesinambungan hubungan antara Kesehatan dengan Pendidikan di Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumsel terjalin sangat baik.

Hal itu terbukti pada kegiatan yang digelar Puskesmas Tanjung Enim dengan SMK Bukit Asam, Selasa (26/7/2022).

Melalui bimbingan teknis kader kesehatan di Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di sekolah naunga Yayasan Bukit Asam (YBA) tersebut.

BACA JUGA: Dukung Semangat Belajar, PIKKA Muara Enim Gelontorkan Beasiswa

Sekitar 20 siswa menjadi kader kesehatan sekolah yang diberikan materi mengenai kesehatan reproduksi remaja, konseling, serta pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Materi disampaikan oleh tim Puskesmas Tanjung Enim dipimpin dr. Hj. Siti Maisaroh. Acara dibuka Kepala SMK Bukit Asam Tanjung Enim, Evi Komalasari didampingi Waka Humas, Yudi.

Evi Komalasari berharap para siswa yang terpilih menjadi kader kesehatan ini bisa menjadi tempat mengadu, berkonsultasi bagi siswa lainnya dengan benar.

BACA JUGA: Gubernur Herman Deru Usul PPPK Dapat Pensiunan

Sehingga melalui kegiatan ini, para siswa diberikan pembekalan, pemahaman, serta pengetahuan seputar reproduksi remaja, serta permasalahan sosialnya.

"Siswa yang mengikuti bimtek kader kesehatan ini adalah yang terpilih yang sebelumnya mengikuti seleksi. Harapan sekolah, supaya permasalahan yang tengah dialami anak-anak ini bisa diselesaikan oleh teman sebayanya, bisa menjadi tempat mengadu, mencari solusi, khususnya pada kesehatan dan sosial remaja," kata Evi, Selasa (26/7/2022).

Pihaknya menyambut baik serta mengapresiasi Puskesmas Tanjung Enim yang sudah memberikan materi serta pembinaan kepada kader kesehatan di sekolah.

BACA JUGA: Alhamdulillah! 3.500 Guru Honorer Kota Palembang Bakal Diangkat Menjadi PPPK

Ia berharap lagi para siswa dapat berperilaku sehat secara jasmani dan rohani, sebab masih banyak para remaja yang belum sesuai dengan perilaku hidup sehat tersebut.

"Mudah-mudahan ke depannya PIK-R SMK Bukit Asam dapat membawa perubahan positif lagi terhadap kesehatan teman-temannya," harap Evi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: