Pemerintah Kabupaten Muara Enim Gelar Musrenbang RKPD

Pemerintah Kabupaten Muara Enim Gelar Musrenbang RKPD

Pj Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.H foto bersama kepala dinas/badan peraih penghargaan perencanaan terbaik. Foto : ANDRE/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2022 dan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Muara Enim Tahun 2023, bertempat di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Kota Muara Enim, Kamis (17/3/2022).

Pada Musrenbang yang diikuti secara daring dan luring ini, mengambil tema “Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pemerataan Pembangunan untuk Muara Enim yang Sejahtera”.

Hadir secara langsung dalam Musrenbang RKPD ini, Forkopimda Muara Enim, anggota DPRD Muara Enim, pimpinan instansi vertikal, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah, para Camat, dan pimpinan BUMN/BUMD/BUMS. Kemudian hadir juga para pemangku kepentingan di Kabupaten Muara Enim.

Sementara, selaku moderator Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, H. Riswandar. Adapun narasumbernya, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumsel. Serta Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB yang hadir secara daring.

Kepala Bappeda Muara Enim, Mat Kasrun dalam laporannya disampaikan oleh Sekretaris Bappeda, Reni Ariesandi, tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2022 ini antara lain untuk melaksanakan salah satu tahapan perencanaan pembangunan daerah. Lalu, menyepakati sasaran dan prioritas pembangunan daerah.

Selain itu, juga bertujuan untuk menyepakati rencana program dan kegiatan yang disertai indikator dan target kinerja dan kebutuhan pendanaan dalam rancangan RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2023 mendatang.

Kemudian menyiapkan dan merumuskan Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 yang akan digunakan untuk penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2023.

“Hasil yang diharapkan dari penyelenggaran Musrenbang RKPD Tahun 2022 ini yaitu adanya berita acara kesepakatan Musrenbang RKPD yang ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan yang menghadiri Musrenbang,” jelas Reni.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan, bahwa perekonomian Kabupaten Muara Enim pada 2021 lalu menunjukan pertumbumbuhan yang positif, yakni 5,75 persen. Angka ini berada di atas pertumbuhan ekonomi Provinsi dan Nasional, yaitu 3,58 persen Provinsi dan 3,69 persen Nasional.

“Kinerja yang telah kita capai ini hendaknya dapat bersama-sama kita pertahankan dan terus berusaha untuk lebih ditingkatkan di masa mendatang. Semua ini tentunya diawali dengan melakukan penyusunan perencanaan pembangunan yang aspiratif dan partisipatif, salah satunya melalui Musrenbang yang kita ikuti hari ini,” ungkap Bupati Nasrun Umar.

Disebut Bupati, dalam rangka upaya perencanaan visi dan misi Kabupaten Muara Enim 2018-2023, serta pencapaian target indikator makro Kabupaten Muara Enim Tahun 2023, maka disusun rencana dengan rancangan prioritas pembangunan, antara lain peningkatan ketahanan ekonomi melalui peningkatan produktivitas pertanian, UMKM, dan industri kreatif.

Selanjutnya, percepatan penurunan angka kemiskinan, peningkatan kualitas pelayanan dan pemantanan infrastruktur dasar, peningkatan tata kelola pemerintah dan pelayanan publik, serta peningkatan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana.

“Nantinya prioritas pembangunan tersebut akan menjadi pedoman bagi kita dalam merencanakan anggaran pendapatan dan belanja daerah guna melaksanakan program atau kegiatan pada tahun 2023 mendatang,” ulas Bupati.

Selaku kepala daerah, ia menginstruksikan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Muara Enim dalam penyusunan rancangan RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2023, agar mempedomani peraturan perundangan-undangan terbaru yang berlaku.

Di sisi lain, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024, Bupati Nasrun Umar mengharapkan dapat mensinkronkan kebijakan Pusat dengan prioritas pembangunan yang telah disusun dengan tetap mempedomani kebijakan-kebijakan perencanaan.

“Sehingga penyusunan alokasi anggaran dalam program prioritas Tahun 2022 dilakukan secara proporsional,” tutup Bupati Nasrun Umar.

Untuk diketahui, di sela Musrenbang RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 ini, diadakan penyerahan penghargaan perencanaan terbaik dengan dua kategori, yaitu kategori perangkat Dinas/Badan yang diperoleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Sedangkan kategori kecamatan, diberikan kepada Kecamatan Gelumbang. (adv/and)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: