Cegah Kecelakaan di Perlintasan Kereta Api Sebidang, Bangun 4 Pos Jaga

Cegah Kecelakaan di Perlintasan Kereta Api Sebidang, Bangun 4 Pos Jaga

Bangunan pos permanen perlintasan kereta api manual di Jalan Pemuda, Kota Muara Enim. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM - Setelah penantian panjang, permohonan Dinas Perhubungan Kabupaten Muara Enim untuk membangun pos serta palang pintu perlintasan kereta api (KA) manual sederhana di 4 titik kepada CSR PT Bukit Asam akhirnya direalisasikan.

Pembangunan empat pos permanen itu terletak di Rumah Tumbuh, Pelawaran, Pelita Sari, dan Jalan Pemuda.

Pos dan palang pintu itu sebagai upaya menghindari kecelakaan serta menjaga keselamatan para pengguna jalan di perlintasan kereta api.

“Empat pos perlintasan kereta tanpa palang pintu ini dalam tahap pembangunan konstruksi,” jelas Kepala Bidang Transportasi dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Muara Enim, Akhmad Junaini, Rabu (6/7/2022).

Dijelaskan Junaini, sebelumnya pos perlintasan kereta api sudah dibangun dua unit, terletak di SMAN 1 Muara Enim dan Rukun Damai.

BACA JUGA: Terapkan ETLE, Pj Bupati Muara Enim Terima Penghargaan dari Kapolda Sumsel

Selama ini, kata Junaini, di empat titik lokasi perlintasan kereta api tersebut dibangun pos ala kadarnya untuk petugas Dinas Perhubungan menjaga perlintasan.

“Total pos perlintasan kereta api dalam Kota Muara Enim ada 6. Keenam pos tersebut dibutuhkan 48 personel dibagi tiga shift satu off. Selain itu, dari 25 personel yang memiliki sertifikat diklat aktif hanya 14, sisanya telah tidak aktif dan harus mengikuti diklat kembali,” katanya.

Ketika ditanya, ada berapa perlintasan kereta api tanpa palang pintu di wilayah Kabupaten Muara Enim.

Junaini menjelaskan, sesuai data 2014 lalu ada sekitar 30 perlintasan kereta api yang belum dijaga. Sedangkan pos resmi yang sudah dijaga sebanyak 8 pos.

“Kami sudah meminta Divre III Pelembang untuk pendataan perlintasan sebidang di Kabupaten Muara Enim baik resmi maupun tidak resmi,” tukasnya. (ozi/mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: