Bupati Edison Tekankan Pentingnya Komunikasi Humanis dalam Pelayanan Kesehatan

Jumat 07-11-2025,08:10 WIB
Reporter : Ozi
Editor : Andre

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Bupati Muara Enim H. Edison, menegaskan pentingnya peningkatan kualitas komunikasi dalam pelayanan publik sektor kesehatan, khususnya di Rumah Sakit dan Puskesmas.

Hal ini disampaikannya saat membuka Diklat Komunikasi dalam Pelayanan Publik bagi Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan di RSUD dan Puskesmas Kabupaten Muara Enim bertempat di Hotel Griya Serasan Sekundang.

Adapun kegiatan yang diselenggarakan oleh BKPSDM Kabupaten Muara Enim ini, Bupati Edison menyoroti perlunya sikap ramah, sabar, dan empati dari tenaga medis dan petugas pelayanan terhadap masyarakat yang datang berobat.

Orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang ini mengingatkan bahwa pelayanan kesehatan bukan hanya soal tindakan medis, tetapi juga soal kenyamanan psikologis pasien.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Pelayanan Menuju Rumah Sakit Tipe A, RSUD Rabain Bakal Bangun Gedung KJSU 12 Lantai

BACA JUGA:Dukung Pelayanan Prima, Kapolres Muara Enim Cek Kesiapan Kendaraan Dinas

"Saya tidak ingin lagi mendapati laporan dari masyarakat terkait pelayanan publik di Rumah Sakit dan Puskesmas yang kurang etika kepada masyarakat," tegasnya.

Menurutnya, komunikasi yang baik dan sikap humanis akan menciptakan suasana pelayanan yang lebih kondusif, mempercepat proses penyembuhan, dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap fasilitas kesehatan daerah.

Bupati Edison juga menginstruksikan agar setiap kepala Puskesmas dan Direktur Rumah Sakit melakukan evaluasi internal secara berkala, serta memberikan pelatihan komunikasi efektif kepada seluruh tenaga kesehatan dan staf pelayanan.

Lebih lanjut, Bupati menegaskan usai dilantik dirinya terus berupaya meningkatkan kualitas pelayan masyarakat yang tulus dan profesional. 

BACA JUGA:Bupati Edison Komitmen Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

BACA JUGA:Jabat Plt Direktur PDAM, Subroto Diperintahkan Segera Perbaiki Pelayanan dan Tambah Pelanggan

Langkah ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam meningkatkan mutu layanan publik.

"Di antaranya mewujudkan sistem kesehatan yang inklusif, responsif, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat sesuai dengan visi dan misi Muara Enim Bangkit Rakyat Sejahtera (MEMBARA)," pungkasnya.

Kategori :