Tingkatkan Kapasitas Bongkar Batu Bara Area Kertapati, PT Bukit Asam Sinergi dengan KAI dan Semen Baturaja

Rabu 23-10-2024,20:03 WIB
Reporter : Citra
Editor : Andre

JAKARTA, ENIMEKSPRES.CO.ID - PT Bukit Asam, PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan PT Semen Baturaja, menyepakati Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) terkait rencana peningkatan kapasitas bongkar batu bara area Kertapati.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rafli Yandra, Direktur Pengembangan Usaha PT Bukit Asam, Rudi As Aturridha, Direktur Pengembangan Usaha & Kelembagaan PT KAI, dan Muhammad Syafitri, Direktur Operasi PT Semen Baturaja, di Signature Lounge SIG, Jakarta, Selasa 22 Oktober 2024.

Turut menyaksikan, antara lain Suhedi, Direktur Operasi & Produksi PT Bukit Asam, Hadis Surya Palapa, Direktur Niaga PT Kereta Api Indonesia, Donny Arsal, Direktur Utama PT Semen Indonesia.

Ada juga Yosviandri, Direktur Supply Chain PT Semen Indonesia, Suherman Yahya, Direktur Utama PT Semen Baturaja, Rahmat Hidayat, Direktur Fungsi Keuangan & SDM PT Semen Baturaja, dan Fredi Firmansyah, Direktur Utama PT Kereta Api Logistik.

BACA JUGA:Peduli Kesehatan Masyarakat, PT Bukit Asam Gelar Pengobatan Gratis

BACA JUGA:Kontribusi Optimal PT Bukit Asam Berbuah 2 Penghargaan Subroto 2024

Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bongkar batu bara di area Kertapati, Palembang.

Selain itu, kerja sama ini juga untuk memaksimalkan potensi masing-masing Perusahaan, dengan prinsip saling menguntungkan dan sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance).

Direktur Pengembangan Usaha PT Bukit Asam, Rafli Yandra mengatakan, bahwa sinergi ini merupakan bagian dari upaya PT Bukit Asam dalam meningkatkan kapasitas angkutan batu bara.

"Kerja sama ini adalah langkah strategis bagi kami untuk memperkuat pilar logistik dan infrastruktur. Melalui peningkatan kapasitas logistik, kami dapat berkontribusi lebih besar dalam menghadirkan energi tanpa henti untuk negeri," kata Rafli Yandra.

BACA JUGA:Tinjau 3 Lokasi Proyek PT KAI, Ini Harapan Asisten Perekobang Pemkab Muara Enim

BACA JUGA:PT KAI Pecahkan Rekor MURI Pemasangan Bendera Merah Putih Terbanyak di Gerbong Kereta Api

Dengan cadangan batu bara sebesar 2,98 miliar ton dan sumber daya 5,81 miliar ton, PT Bukit Asam merupakan salah satu pengelola kekayaan batu bara terbesar di Indonesia.

Peningkatan kapasitas logistik merupakan langkah penting dalam rangka mempercepat monetisasi cadangan batu bara dan menjaga ketahanan energi nasional.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Semen Baturaja, Suherman Yahya, menyampaikan bahwa kerja sama ini merupakan langkah strategis sinergi antar BUMN.

Kategori :