Warga Sumsel Diajak Gemar Makan Ikan

Rabu 11-09-2024,15:11 WIB
Reporter : Citra
Editor : Andre

"Di sinilah peran dan tanggung jawab kita sebagai Lembaga Pemerintahan, melalui organisasi perangkat daerah (OPD) dan juga Tim Penggerak PKK sebagai Forum Peningkatan Angka Konsumsi Ikan (FORIKAN) yang merupakan organisasi strategis yang diketuai oleh Ibu Kepala Daerah provinsi maupun kabupaten/kota," ucapnya.

BACA JUGA:Sekda Sumsel Ajak Satgas Karhutla Tingkatkan Kewaspadaan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

BACA JUGA:Lifter Angkat Besi Sumbang Medali Emas Pertama untuk Provinsi Sumsel Pada PON Aceh-Sumut 2024

Seperti diketahui, ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk tubuh dan tumbuh kembang anak.

Karena ikan kaya akan omega-3, yang berperan penting dalam mendukung kesehatan dan kecerdasan otak.

Pemerintah sangat mendukung upaya peningkatan konsumsi ikan di masyarakat.

Angka Konsumsi Ikan Sumsel pada tahun 2023 sebesar 43,68 kg/kap/tahun, ini masih jauh dengan Angka Konsumsi Ikan nasional yaitu 50 kg/kap/tahun.

BACA JUGA:Sekda Lepas Keberangkatan 107 Kafilah MTQ Sumsel Pada Ajang MTQ Nasional 2024 di Kaltim

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Hadiri Puncak Peringatan Hari UMKM Nasional 2024

"Maka dari itu, perlu dilakukan strategi-strategi dalam meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat seperti kampanye, edukasi, dan promosi makan ikan harus dilakukan secara masif dan terstruktur agar lebih berdampak pada peningkatan pemahaman/kesadaran (awareness) masyarakat dalam mengonsumsi ikan," tambahnya.

Ia berharap, melalui lomba masak serba ikan ini, akan lahir berbagai inovasi dan kreativitas dalam mengolah ikan, dengan menyajikan berbagai menu inovasi masakan serba ikan diharapkan dapat menggairahkan masyarakat agar gemar, senang dan cinta makan ikan dengan olahan-olahan yang tidak membosankan dan menarik sebagai menu makanan.

Sehingga, upaya untuk peningkatan konsumsi ikan dan kecukupan gizi pada masyarakat untuk penurunan stunting dapat terpenuhi.

"Saya sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya kegiatan ini, karena Lomba Masak Serba Ikan tidak hanya sebagai ajang menunjukkan kebolehan dalam mengolah berbagai macam jenis ikan, tetapi juga sebagai sarana edukasi dan promosi bahwa pentingnya konsumsi ikan dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

BACA JUGA:Bangun Ribuan Unit Jamban Sehat, Muara Enim Terdepan Wujudkan Sumsel Stop Buang Air Besar Sembarangan

BACA JUGA:Sekda Buka Sosialisasi dan Sinkronisasi Data Cetak Sawah Provinsi Sumsel Tahun 2024

Dia juga mengajak semua kalangan untuk terus berupaya meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat dalam rangka menangani gizi buruk dan pencegahan stunting, sehingga masyarakat Sumsel menjadi masyarakat yang sehat kuat dan memiliki kecerdasan yang tinggi.

Kategori :