Mari Mengetahui Apa Itu 'Bullying' Jenis, Dampak, dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Sabtu 24-08-2024,12:06 WIB
Reporter : Kayla Alea Elmira
Editor : Andre

VERBAL BULLYING

Verbal Bullying adalah tindakan pembullyan berjenis psikologis atau mental yang melibatkan kata bahkan penggunaan bahasa lisan serta isyarat tulisan yang ditunjukkan terhadap oranglain. 

Contohnya: menghina, mengejek, mengolok-olok, memberikan surat berupa isi ancaman terhadap korban, merendahkan, dan lain lain. 

BACA JUGA:Meraih Asa Tanpa Narkoba

RELATIONAL AGGRESION

Relational Aggression adalah tindakan pembullyan berjenis mengontrol atau menyakiti oranglain dengan status, jabatan, bahkan “kuasa” yang mereka miliki.

Dengan bahasa kasarnya adalah memperbudak oranglain dan merasa paling benar dan berkuasa di wilayah atau di antara orang orang tersebut. 

BACA JUGA:Dari Jerat Narkoba ke Mimpi Baru: Kisah Inspiratif dari Seorang Eks Pemakai

CYBER BULLYING

Cyber Bullying adalah tindakan pembullyan yang menyakiti melalui dunia media sosial seperti memberikan komentar negatif, chat, bahkan gambar yang bisa “menyakiti” oranglain. 

SEXSUAL BULLYING

Sexsual Bullying adalah tindakan kejahatan yang sudah mengarahkan pelecehan terhadap oranglain dengan cara menyentuh secara paksa dan memberikan komentar jahat atau negatif ke penampilan oranglain.  

BACA JUGA:Judi Online: Musuh Utama Pelajar

PREJUDICAL BULLYING

Prejudical Bullying adalah tindakan pembullyan berjenis melakukan didasari atas agama, ras, suku, dan bangsa yang berbeda-beda.

Baik itu ke teman sebaya maupun oranglain. 

Kategori :