PT Bukit Asam Upayakan Kesejahteraan Masyarakat

Rabu 31-07-2024,09:38 WIB
Reporter : Citra
Editor : Andre

Kemudian, sebanyak 1.704 keluarga prasejahtera mendapat manfaat dari PMT.

PT Bukit Asam juga bekerjasama dengan RS Bukit Asam Medika untuk menjalankan Mobil Kesehatan Keliling (Mokesling) yang memberikan layanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat di sekitar wilayah Ring 1 perusahaan.

Layanan ini mencakup pemeriksaan oleh dokter pilihan dan pemberian obat obatan. Hingga saat ini, program tersebut telah menjangkau 12.589 penerima manfaat.

Perusahaan pun melaksanakan berbagai program peningkatan kemandirian ekonomi dan tingkat pendapatan riil dalam bentuk pembinaan usaha bagi para mitra binaan, khususnya pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) di sekitar wilayah perusahaan.

BACA JUGA:Konsisten Berdayakan Masyarakat, PT Bukit Asam Raih Bina Mitra UMKM Award

"Mitra-mitra binaan PT Bukit Asam mencakup sektor perikanan, perdagangan, pertanian, perkebunan, keuangan, dan industri. Terdapat 389 UMK binaan PT Bukit Asam pada 2023, sebanyak 240 di antaranya telah berhasil naik kelas," ulas Hartono.

Pada bidang sosial dan budaya, PT Bukit Asam memiliki program bantuan rumah ibadah, bantuan tanggap kebencanaan, bantuan bahan makanan pokok, hingga Jumat Berkah.

Untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan, PT Bukit Asam menjalankan program Eco Agrotomation yang mendorong budidaya tanaman berbasis otomasi ramah lingkungan untuk mendukung program penghijauan dan reklamasi di wilayah PTBA maupun perusahaan lainnya.

Berkat program Eco Agrotomation, perekonomian masyarakat tumbuh dan kelestarian lingkungan semakin terjaga.

BACA JUGA:PT Bukit Asam Tanam Pohon di Lahan Bekas Tambang, Ini Tujuannya

Total penerima manfaat program ini mencapai 105 orang yang merupakan mantan pekerja Pertambangan Tanpa Izin (PETI) dan keluarga prasejahtera.

Dalam bidang pembangunan infrastruktur penunjang, PT Bukit Asam mengembangkan irigasi pertanian berbasis pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk lahan pertanian tadah hujan di sekitar wilayah operasional Perusahaan.

Kini sudah ada 7 PLTS irigasi yang dibangun PT Bukit Asam untuk memberdayakan para petani sekaligus mendorong pemanfaatan energi terbarukan.

Hingga saat ini, terdapat 1.113 petani yang menjadi penerima manfaat dengan cakupan area sawah seluas 612 hektare.

BACA JUGA:PT Bukit Asam Lakukan Bersih-bersih Sungai Enim

"Melalui berbagai program dan upaya tersebut, kami berharap dapat turut serta dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia sekaligus menanggulangi kemiskinan," tukas Hartono. (*)

Kategori :