Pendapat ini didukung oleh berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa teknologi dapat memperkaya pengalaman belajar anak-anak melalui akses ke sumber belajar yang beragam, pengembangan keterampilan pemecahan masalah, dan peningkatan keterampilan sosial dan emosional.
Pandangan ini akan saya elaborasi lebih lanjut dalam pembahasan berikutnya.
BACA JUGA:Kebebasan Pers: Wartawan Berpikir Kritis Tanpa Batas
Pembahasan
Interaksi anak usia dini dengan teknologi telah menjadi perdebatan yang signifikan dalam lingkup pendidikan dan perkembangan anak-anak.
Meskipun ada kekhawatiran yang wajar tentang dampak negatifnya, terdapat juga argumen yang kuat untuk manfaat positif dari interaksi ini terhadap perkembangan kognitif anak-anak.
Dalam tulisan ini, saya akan menyajikan argumen utama yang mendukung pandangan bahwa interaksi anak usia dini dengan teknologi dapat memiliki dampak positif yang signifikan pada perkembangan kognitif mereka.
BACA JUGA:Penyelenggaraan Ibadah Haji 2024 Terbilang Sukses?
Stimulasi Kognitif dan Pembelajaran Interaktif
Penggunaan teknologi dalam pendidikan anak-anak telah menunjukkan potensi besar untuk merangsang perkembangan kognitif mereka.
Berbagai aplikasi dan permainan edukatif yang dirancang khusus untuk anak-anak tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga meningkatkan kemampuan kognitif mereka.
Dari sebuah penelitian Al-Samarraie et al., (2020) dalam jurnal Education and Information Technologies menemukan bahwa interaksi dengan permainan edukatif digital dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, keterampilan matematika, dan pemahaman konsep ilmiah pada anak-anak.
Hal ini menunjukkan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang efektif untuk menyediakan pembelajaran yang interaktif dan merangsang kognitif bagi anak-anak.
BACA JUGA:Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan
Pengembangan Literasi Digital
Di era digital ini, literasi digital menjadi keterampilan yang sangat penting. Interaksi anak-anak dengan teknologi sejak usia dini membantu mereka untuk menjadi terampil dalam menggunakan perangkat digital dan navigasi internet.