Cik Ujang Klaim Sudah Kantongi Rekomendasi DPP Demokrat untuk Pilgub Sumsel, Bagaimana Nasib Harnojoyo?

Sabtu 11-05-2024,10:20 WIB
Reporter : Febi
Editor : Andre

Apalagi belum ada statement resmi dari DPP Demokrat yang menguatkan Cik Ujang telah mendapatkan rekomendasi dari Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk maju di Pilgub Sumsel mendampingi Herman Deru.

Sementara itu, Pengamat Politik, Ade Indra Chaniago mengatakan, klaim tersebut masih belum final karena hal itu harus dibuktikan dengan surat resmi dukungan dari DPP Demokrat.

"Saya juga tidak yakin karena surat resmi itu belum ada, bisa saja itu klaim sepihak, karena risikonya terlalu mahal kalau mereka berani mengklaim statement ketua umum," ujarnya.

Akademisi STISIPOL Chandradimuka itu menilai, agak berat bagi kader Demokrat lainnya yang juga maju dalam kontestasi tersebut.

BACA JUGA:Ini Latar Belakang Mawardi Yahya Mencalonkan Diri di Pilgub Sumsel 2024, Tinggalkan HD?

Hal tersebut dikarenakan posisi Cik Ujang masih memegang Ketua DPD Demokrat Sumsel.

"Artinya skala prioritas tentunya pengurus partai, karena posisi beliau diuntungkan karena saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Demokrat," katanya.

"Hal itu tentunya berdampak terhadap akses dan kemudahan untuk komunikasi dengan ketua umum partai," sambung dia lagi.

Pemerhati politik dari Forum Demokrasi Sriwijaya (ForDes), Bagindo Togar mengungkapkan, agak sulit menafsirkan jika Cik Ujang belum mendapatkan restu dari DPP Demokrat.

BACA JUGA:Tiga Tokoh ini Berpotensi Jadi Penantang Herman Deru di Pilgub Sumsel 2024..Siapa Saja

Mengingat posisi mantan Bupati Lahat itu masih menjabat Ketua DPD Demokrat.

"Memang secara resminya belum ada surat itu, tapi itu sudah bisa dibaca karena memang Cik Ujang sebagai Ketua DPD Demokrat. Jadi aneh kalau dia ini tidak dapat restu dari DPP," katanya.

Kendati begitu, Bagindo tidak menampik jika surat resminya merupakan finalisasi dari keputusan DPP Demokrat nantinya.

"Memang finalnya nanti surat resmi dari DPP, bisa saja hal itu terjadi last minute tergantung dinamika politik nanti berubah atau tidak," jelasnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Tandatangani NPHD Pengamanan Pilkada 2024 kepada TNI-Polri

Sebelumnya, Ketua DPD Demokrat Sumsel, Cik Ujang mengklaim telah mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Demokrat untuk mendampingi Herman Deru di Pilgub Sumsel 2024.

Kategori :