ENIMEKSPRES.CO.ID - Yuk lebih jauh mengenal Isuzu Panther, mobil dengan julukan Rajanya Diesel yang hingga kini masih sangat dicari keluarga Indonesia, utamanya para pecinta otomotif.
Meski sudah disuntik mati pada tahun 2021, namun sejarah Isuzu Panther ini masih sangat menarik untuk dibahas, sehingga para calon pemilik, utamanya para pemiliknya tahu sejarah kendaraan roda 4 jenis MPV (multi-purpose vehicle) dengan mesin diesel ini.
Isuzu Panther diketahui memiliki mesin diesel yang bandel dan terkenal irit.
Keunggulan lain dari Isuzu Panther ini ialah kabinnya yang luas dan daya angkut yang baik, hal inilah yang membuat Isuzu Panther ini mendapat tempat di hati para keluarga Indonesia.
Namun karena terkendal emisi dan modelnya yang monoton, hingga membuat mobil ini harus dihentikan produksinya.
Lalu, bagaimana sejarah perjalanan Isuzu Panther sejak hadir di Indonesia pada tahun 1991 hingga disuntik mati 2021.
Berikut ini ulasannya dikutip enimekspres.co.id dari berbagai sumber:
1. Isuzu Panther Karoseri (Tahun 1991-1993)
Isuzu Panther diawali sebagai sebuah karoseri.
Pada generasi pertama ini, Isuzu Panther hadir dalam bentuk pick up.
Kemudian PT Pantja Motor ATPM Isuzu bekerjasama dengan perusahaan karoseri untuk membuat bodinya menjadi MPV.
Panther Karoseri ini dibekali mesin C233 berkapasitas 2.238 cc 4 silinder indirect injection yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 72 daya kuda pada 4.300 RPM, dan torsi puncak 140 Nm pada 2.400 RPM.