Optimalisasi Pelayanan Komunikasi, Pemkab Muara Enim Hadirkan Inovasi Lapor MEMBARA

Optimalisasi Pelayanan Komunikasi, Pemkab Muara Enim Hadirkan Inovasi Lapor MEMBARA

Bupati Muara Enim, H. Edison dan Wakil Bupati Muara Enim, Hj. Sumarni. Foto : Istimewa --

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim terus berinovasi meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Salah satu terobosan terbaru, yaitu hadirnya program LAPOR MEMBARA (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Muara Enim Bangkit, Sejahtera, Maju dan Berkelanjutan).

Melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Muara Enim, program inovasi tersebut telah diluncurkan Bupati Muara Enim H. Edison.

Tujuannya untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat akan pelayanan komunikasi dengan menjembatani komunikasi dua arah secara bottom-up dari masyarakat ke Pemerintah dan disampaikan kembali ke masyarakat berbasis media komunikasi publik daring.

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Anggarkan Rp37 Miliar untuk Bedah Rumah MEMBARA

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Bantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah Lewat Program Bedah Rumah MEMBARA

Kepala Bidang Komunikasi Publik Diskominfo-SP Kabupaten Muara Enim, Zeno Zasman, menjelaskan program ini sebagai bentuk aksi perubahan kinerja organisasi dengan merespons kebutuhan masyarakat akan layanan pengaduan yang cepat, transparan, dan responsif.

Menurutnya, melalui program ini seluruh komentar masyarakat di media sosial atau media komunikasi publik yang dikelola oleh Pemkab Muara Enim tidak akan diabaikan, melainkan ditelaah untuk kemudian ditanggapi langsung oleh Bupati ataupun Wakil Bupati melalui tayangan video yang dipublikasikan kembali ke media sosial.

"Dengan demikian pelayanan komunikasi publik yang sebelumnya hanya bersifat satu arah dari Pemerintah ke masyarakat diubah menjadi dua arah yang dimulai dari masyarakat sehingga mewujudkan Pemerintahan yang demokratis, responsif, terbuka, dan melayani," ujar Zeno, Minggu 29 Juni 2025.

Zeno menjelaskan, dalam mekanismenya masyarakat dapat menyampaikan berbagai aspirasi, keluhan, dan laporan secara langsung kepada Pemerintah Daerah melalui media sosial Pemkab Muara Enim, seperti Instagram, Facebook, TikTok, ataupun YouTube.

BACA JUGA:Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Pemkab Muara Enim Luncurkan Program Sembako Murah MEMBARA

BACA JUGA:Bupati Edison Luncurkan Kolaborasi Pemberdayaan dan Pengembangan UMKM MEMBARA

Mantan Plt Kabid Humas dan Protokol ini, menjelaskan saat ini sudah ada 2 tayangan respons atau jawaban Bupati dan Wakil Bupati terkait laporan jalan rusak, pencemaran sungai, listrik, dan pelantikan PPPK. 

"Semua laporan dan jawaban tentunya akan ditindaklanjuti sehingga program ini juga melibatkan perangkat daerah lainnya dalam rangka memastikan setiap laporan masuk diproses oleh perangkat daerah yang berwenang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: