Pj Gubernur Sumsel Resmikan Memorabilia Uang Rupiah Pecahan 10.000

Pj Gubernur Sumsel Resmikan Memorabilia Uang Rupiah Pecahan 10.000

Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi meresmikan Memorabilia Uang Rupiah Pecahan 10.000 Tahun Emisi 2005 yang ini diinisiasi oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel di Museum Negeri Sumsel, Balaputra Dewa Palembang. Foto : Humas Pemprov Sumsel --

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi, meresmikan Memorabilia Uang Rupiah Pecahan 10.000 Tahun Emisi 2005.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel di Museum Negeri Sumsel, Balaputra Dewa Palembang, Kamis 3 Oktober 2024.

Elen Setiadi berharap dengan diresmikannya Memorabilia ini dapat semakin meningkatkan kunjungan pariwisata di Sumsel, sehingga dapat mendorong perekonomian masyarakat.

Elen juga mengapresiasi acara memorabilia ini karena memperdalam pemahaman masyarakat, terutama kalangan pelajar tentang Rupiah sebagai simbol kedaulatan bangsa dan mengukuhkan kembali rasa kecintaan kepada Negara Indonesia.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Instruksikan OPD Sistem Kearsipan Terintegrasi dengan Aplikasi Srikandi

BACA JUGA:Event Mandiri Properti Expo 2024 Mendapat Apresiasi Sekda Sumsel

Menurut Elen, uang Rupiah pecahan 10.000 Tahun Emisi 2005 istimewa, itu karena menampilkan gambar Rumah Limas yang merupakan ikon arsitektur tradisional dan mencerminkan nilai-nilai luhur serta kearifan lokal yang menjadi warisan kehidupan masyarakat Sumsel.

"Sebagai Pj Gubernur Sumatera Selatan, saya merasa bangga bahwa Sumatera Selatan menjadi bagian dari sejarah bangsa melalui representasi budaya lokal yang ada pada Rupiah kita," jelasnya.

Elen juga mengajak masyarakat untuk menjadikan momentum ini sebagai pengingat bagi semua, khususnya anak generasi muda, bahwa Rupiah bukan sekadar alat tukar, tetapi juga simbol persatuan dan pentingnya menjaga warisan budaya.

Dari Sabang sampai Merauke, Rupiah dapat menghubungkan dan memperkuat keberagaman.

BACA JUGA:Usulan Kelola Sawah Rawa Disetujui Presiden, Pj Gubernur Sumsel Lakukan Hal Ini

BACA JUGA:Hadiri Kenal Pamit Kapolda Sumsel, Pj Gubernur Harapkan Sinergitas Polri Bersama Pemprov Tetap Terjaga

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumsel, Ricky Perdana Gozali mengatakan, warisan dan budaya Sumsel pernah ada dalam uang pecahan kertas 10.000 dengan tampak rumah depan adalah Rumah Limas pada tahun 2005 dan beredar menjadi alat pembayaran yang sah di Indonesia hingga tahun 2016.

"Ini sesuatu yang luar biasa bagi Sumsel," jelas Ricky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: