Pengaruh Asupan Gizi Seimbang Terhadap Perkembangan Intelektual Anak Usia Dini

Pengaruh Asupan Gizi Seimbang Terhadap Perkembangan Intelektual Anak Usia Dini

Rahma Sarita. Foto : DOK FOR ENIMEKSPRES.CO.ID--

Oleh: Rahma Sarita

Penulis adalah Mahasiswa PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Tangerang

DALAM masa perkembangan anak usia dini, asupan gizi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Gizi yang seimbang dapat menunjang perkembangan anak dengan baik.

Berdasarkan pendapat penulis hal ini sejalan dengan penelitian Uce (2018) yang berjudul Pengaruh Asupan Makanan Terhadap Kualitas Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini bahwa asupan gizi anak usia dini haruslah diperhatikan, terutama dalam 5 tahun pertama dalam kehidupannya karena asupan gizi anak usia dini pada masa itu adalah yang penting dan akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. 

Tetapi pada kenyataannya berdasarkan data Unicef dan WHO angka prevalensi stunting Indonesia menempati urutan tertinggi yaitu ke-27 dari 154 negara yang memiliki data stunting, di mana Indonesia menduduki urutan ke-5 di antara negara di Asia.

BACA JUGA:Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini

Hal ini menunjukkan masih rendahnya kesadaran orang tua terhadap pentingnya pemenuhan gizi seimbang pada 1.000 hari pertama kehidupan anak.

Dengan tidak terpenuhinya kebutuhan gizi anak dengan baik dapat menghambat perkembangannya.

Masih menurut Uce (2018) dalam penelitiannya mengatakan bahwa makanan yang kurang gizi tidak saja dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhannya secara fisik tetapi juga dapat mempengaruhi perkembangan intelektualitas dan kejiwaannya.

Di mana kemampuan intelektual ini sangat diperlukan dalam membantu anak melakukan kegiatan sehari-hari.

BACA JUGA:Metode Pengembangan Intelektual dan Perilaku

Penulis merasa masih banyak orang tua yang mengabaikan asupan gizi yang diterima oleh anak.

Penulis di sini ingin membahas topik ini berharap orang tua lebih melek lagi terhadap pentingnya pemenuhan gizi seimbang pada anak usia dini karena berpengaruh pada perkembangan kecerdasan intelektual anak. 

Kecerdasan intelektual merupakan pengetahuan atau kemampuan tentang bagaimana individu melakukan aktivitas sehari-hari melalui pemikiran yang rasional berdasarkan pengetahuannya.

Maka dari itu penting bagi orang tua untuk menunjang perkembangan intelektual anak usia dini karena mencakup bagaimana mereka dapat belajar dari sebuah pengalaman, bagaimana mereka berpikir dan bagaimana mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: