Pj Bupati Muara Enim Dukung Percepatan Pembangunan PLTS Irigasi di Ataran Sawah Ulak Himbe

Pj Bupati Muara Enim Dukung Percepatan Pembangunan PLTS Irigasi di Ataran Sawah Ulak Himbe

Panen raya padi sawah di Ataran Ulak Himbe, Kelurahan Muara Enim. Foto : DOK--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Guna mendorong peningkatan produktivitas pertanian, Pj Bupati Muara Enim, H. Ahmad Rizali, mendukung percepatan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) irigasi.

PLTS Irigasi ini dibangun melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Demikian disampaikan Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali saat melaksanakan Panen Raya Padi Sawah di Ataran Ulak Himbe, Kelurahan Muara Enim.

Kegiatan ini juga diikuti unsur Forkopimda di antaranya Kejari, Kapolres, dan Dandim 0404/Muara Enim, pada Minggu 5 Mei 2024.

BACA JUGA:Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional, Pj Bupati Muara Enim Tanam Padi Gogo di Desa Harapan Jaya

Pj Bupati Ahmad Rizali menyampaikan rasa syukurnya dapat melangsungkan kegiatan panen raya padi sawah di lahan seluas 25,08 hektare dari total 302 hektare sawah yang ada di Kelurahan Muara Enim.

Selain itu dirinya menambahkan, dari luas lahan yang dilakukan panen ini mampu menghasilkan produksi rata-rata 7,68 ton Gabah Kering Panen (GKP) per hektar.

Dengan demikian diharapkan hasil tersebut dapat mendukung upaya Pemerintah dalam penanganan inflasi daerah, khususnya terhadap komoditas beras.

Di sisi lain, secara khusus Pj Bupati mengucapkan terima kasih kepada PT Bukit Asam yang senantiasa memberikan dukungan dalam berbagai aspek pembangunan daerah di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sebut Produktivitas Padi Sumsel Nomor 4 Nasional, Segini Jumlahnya

Termasuk di bidang pertanian yang salah satunya melalui pengadaan PLTS irigasi.

"Kami mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat agar pembangunan PLTS irigasi di Ataran Ulak Himbe ini dapat segera terwujud sehingga para petani dapat melakukan irigasi secara efisien dan efektif," kata Rizali.

"Dengan irigasi ini berujung pada peningkatan hasil panen dan peningkatan produksi pertanian secara keseluruhan dengan membuat masa panen padi terjadi 2 bahkan 3 kali dalam 1 tahun," sambung dia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: