5 Keutamaan Puasa Sunnah Syawal, Diantaranya Mendapatkan Pahala Puasa 1 Tahun

5 Keutamaan Puasa Sunnah Syawal, Diantaranya Mendapatkan Pahala Puasa 1 Tahun

Ilustrasi keutamaan puasa di bulan syawal. FOTO : IST--

BACA JUGA:1 Syawal 1444 H Berpotensi Beda Antara Muhammadiyah dan Pemerintah

3. Tanda diterimanya puasa ramadhan

Ciri diterimanya amal ibadah adalah jika kita konsisten melakukan ibadah yang lain setelah ibadah pertama selesai.

Begitu pula dengan puasa ramadahan, jika telah selesai melaksanakan puasa ramadhan dan selanjutnya melakukan puasa sunnah syawal itu adalah ciri-ciri diterimanya puasa ramadhan kita. 

4. Sebagai tanda syukur

Jika kita melaksanakan puasa sunnah syawal ini bisa menjadi bukti jika kita bersyukur kepada allah SWT, karena selama bulan ramadhan kita telah mendapatkan anugerah dari allah SWT, baik itu dari ibadah kita serta ampunan yang telah allah swt janjikan bagi orang yang beribadah selama bulan puasa.

BACA JUGA:Potensi 1 Syawal Jatuh Pada 12 Mei 2021

5. Menjaga konsistensi ibadah

Jangan sampai jika puasa ramadhan telah berlalu, ibadah kita terputus-putus, maka umat muslim sangat dianjurkan untuk tetap menjaga konsisten ibadah tersebut dengan cara mengerjakan puasa sunnah syawal.

Sehingga kita dapat konsisten untuk menjalankan ibadah walaupun bulan puasa telah usai.

Puasa sunnah syawal ini berbeda dengan puasa ramadhan, dari segi jumlah pelaksanaannya juga tidak sama, jika puasa ramadhan dilakukan 29 atau 30 hari tetapi puasa syawal ini cukup dilakukan 6 hari saja.

Dan cara melaksanakannya juga berbeda, jika puasa ramadhan harus berurusan tidak boleh dilompat, tetapi jika puasa syawal ini dilaksanakan boleh selang seling asal cukup dikerjakan selama 6 hari.

BACA JUGA:Tutup Ibadah Puasa Ramadan dengan Dzikir dan Doa Bersama

Hukumnya juga berbeda jika puasa ramadhan hukumnya wajib, sehingga jika tidak dikerjakan akan berdosa, tetapi puasa syawal ini sunnah, sehingga jika seseorang tidak melakukan puasa syawal tidak berdosa, dan bagi yang melakukannya akan mendapatkan pahala dan juga dapat menjadi penyempurna puasa ramadhan.

Sehingga jika seseorang sudah tau akan keutamaan puasa sunnah syawal tetapi tidak melaksanakannya sangatlah rugi, karena ampunan serta pahala yang kita dapat sangatlah besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: